Sukses

Twitter Rilis Emoji Khusus Hari Perempuan Internasional 2018

Liputan6.com, Jakarta - Twitter turut merayakan Hari Perempuan Internasional pada hari ini, Kamis (8/3/2018). Sama seperti hari spesial lainnya, Twitter merilis emoji khusus untuk Hari Perempuan Internasional.

Dalam rangka merayakan Hari Perempuan Internasional 2018, Twitter meluncurkan emoji khusus dalam bentuk simbol gender perempuan. Emoji ini merupakan bentuk penghormatan untuk para perempuan di dunia.

Emoji ini dapat digunakan sepanjang Maret 2018, serta akan muncul secara otomatis setiap kali pengguna menggunakan tagar khusus di dalam twit. Ada tujuh tagar khusus yang ketika diketik maka akan muncul emoji khusus tersebut secara otomatis.

1. Tagar dalam Bahasa Indonesia: #HariPerempuanSedunia dan #HariPerempuanInternasional

2. Tagar dalam Bahasa Inggris: #IWD2018, #InternationalWomensDay, #WomensDay, #SheInspiresMe dan #PositionOfStrength

Twitter rilis emoji Hari Perempuan Sedunia (Foto: Ist)

Twitter juga bekerja sama dengan perempuan-perempuan inspiratif dari berbagai latar belakang di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia, untuk mengadakan sesi tanya jawab live di Twitter pada 8-12 Maret 2018.

Untuk berpartisipasi, pengguna dapat mengirimkan twit pertanyaan mereka dengan menggunakan tagar #SheInspiresMe dan mention akun yang dituju. Pertanyaan terpilih akan langsung dijawab oleh pemilik akun.

Berikut peserta dan jadwal sesi tanya jawab yang akan dimulai pada hari ini:

1. Tunggal Prameswari (@tunggalp), 8 Maret, pukul 16.00 WIB

2. Dytha Caturani (@purplerebel), 9 Maret, pukul 16.00 WIB

3. Febriana Firdaus (@febrofirdaus), 10 Maret, pukul 16.00 WIB

4. Ligwina Hananto (@mrshananto), 12 Maret, pukul 12.00 WIB

1 dari 2 halaman

Twitter Jadi Wadah bagi Perempuan untuk Bersuara

Twitter sebagai platform publik dan real-time telah menjadi wadah bagi perempuan di dunia untuk menyuarakan pendapat mereka. Berbagai gerakan internasional yang digelar di Twitter termasuk #TimesUp, #MeToo dan #WomensMarch. Twitter mengklaim telah menjadi tempat untuk memulai sebuah gerakan global melawan ketidakadilan.

Di Indonesia sendiri, gerakan seperti #LawanBersama, #TubuhkuOtoritasku hingga #lawanpelecehan, juga menjadi penanda semakin lantangnya perempuan memperjuangkan hak-haknya.

Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret merupakan momen global untuk merayakan peran perempuan dan dampaknya terhadap masyarakat.

Selama kurun waktu enam bulan terakhir, telah terjadi peningkatan sebanyak 50 persen dalam percakapan seputar hak-hak perempuan, seperti feminisme dan kesetaraan gender, di Twitter.

Gerakan #MeToo yang dimulai di Amerika Serikat telah menghasilkan lebih dari 8 juta twit dari pengguna Twitter di lebih dari 67 negara, sejak pertama kali muncul pada Oktober 2017.

Twitter juga mulai banyak digunakan untuk mengangkat dan memperkuat suara perempuan di seluruh dunia. Selain itu, juga menjadikan perempuan saling menginspirasi dan memberdayakan satu sama lain. Banyak orang telah menggunakan Twitter untuk berbagi cerita dengan tagar #SheInspiresMe.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Hari Perempuan Internasional Bergema di Internet
Artikel Selanjutnya
Google Uji Coba Tampilan Baru untuk Mesin Pencarian?