Sukses

Orang yang Unggah Foto Lagi Nge-Gym Punya Gangguan Mental

Liputan6.com, Jakarta - Di antara kamu semua, mungkin ada yang cukup sering melihat teman-teman di media sosial seperti Facebook, mengunggah foto saat sedang berolahraga, di tempat gym, tempat yoga, dan sebagainya. Tak ketinggalan, foto tersebut misalnya dilengkapi caption, "Hari ini udah lari treadmill lima kilometer."

Apa pendapat para peneliti soal ini? Sejumlah peneliti Brunel University London melakukan sebuah studi dan hasilnya menunjukkan orang-orang tersebut mengidap gangguan mental narsistik atau lebih dikenal "narsis".

Narsistik, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berarti kepedulian yang berlebihan pada diri sendiri yang ditandai dengan adanya sikap arogan, percaya diri, dan egois.

"Mereka (mengunggah foto, red.) didorong oleh kebutuhan atas perhatian dan pujian dari pengguna Facebook lainnya," kata para peneliti dari studi tersebut, sebagaimana dikutip dari Business Insider Deutschland, Senin (3/4/2017).

Dalam hal ini, perhatian dan pujian yang dimaksud adalah likes, komentar, atau reaksi lainnya.

Namun ternyata, mendapat banyak likes bukan berarti bahwa teman-teman mereka di Facebook menilai aktivitas ini positif. "Mungkin saja teman-teman mereka di Facebook memberi likes hanya atas dasar kesopanan," kata Tara Marshall, salah seorang peneliti di studi tersebut.

(Why/Isk)