Sukses

Tanya Tekno: Baterai BlackBerry Tidak Bisa Di-charge, Kenapa?

"Saya mau bertanya, BlackBerry saya akhir-akhir ini jika baterai baterainya di-charge, arusnya tidak mau masuk. Kira-kira apa yang rusak? Charge adapter-nya yang rusak apa kabelnya. Terima kasih."

Liputan6.com, Jakarta - - Zikri Ubaidullah -

Halo Zikri, terima kasih banyak atas pertanyaannya.

Bila sebuah perangkat tidak bisa diisi dayanya, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya. Dari aspek hardware, kemungkinan penyebabnya ada pada port perangkat, pengisi daya (charger adapter), atau kabel pengisi daya.

Membaca pertanyaan Anda, sepertinya pengisi daya perangkat Anda mengadopsi model yang kepala dan kabelnya terpisah.

Langkah pertama yang dapat Anda tempuh adalah coba menggunakan kabel lain dengan spesifikasi yang mirip atau setara dengan kabel Anda. Misalnya, Anda harus memerhatikan ketebalan kabel.

Ketebalan kabel, tepatnya kawat-kawat di dalamnya, menjadi faktor penting dalam pengisian daya. Kalau kabel pengisi daya Anda tebal, cari kabel lain dengan ketebalan yang sama.

Bagaimana bila ketebalan kabel lebih tipis dari yang seharusnya? Pengalaman kami, pengisian daya mungkin memang masih bisa berlangsung, namun waktu yang diperlukan menjadi jauh lebih lama. Karena itu, paling aman menggunakan kabel orisinal.

Bila langkah pertama masih belum membuahkan hasil, Anda dapat mencoba menggunakan kepala pengisi daya dengan tegangan dan arus yang sama. Kalau langkah ini juga tidak berhasil, segera cek port pengisian daya Anda.

Sebelum pergi ke pusat layanan purnajual, Anda dapat melakukan pengecekan sendiri. Perhatikan, apakah ada kotoran, debu, atau pun material asing lainnya di port tersebut. Bila ada, bersihkan. Ingat, jangan coba-coba untuk meniup port! Hal ini justru memungkinkan material air ludah masuk ke port.

Di samping tiga penyebab tersebut di atas, masih ada hal lain yang mungkin menjadi penyebab yaitu baterai yang sudah usang (siklus hidup baterai sudah terlampaui).

Sekadar informasi, setiap baterai memiliki siklus hidup masing-masing. Untuk memastikan, Anda juga bisa mencoba menggunakan baterai orisinal dengan spesifikasi sama persis.

Jika cara ini masih belum berhasil juga, baru Anda pergi ke pusat layanan purnajual. Kalau sekadar pengecekan kondisi, seharusnya hasilnya bisa diketahui saat itu juga.

Punya Masalah seputar Gadget? Tanya di Sini!

(Why/Isk)

Loading