Sukses

Punya 5.000 Teman Facebook, Berapa yang Benar-benar Berteman?

Liputan6.com, Jakarta - Facebook merupakan jejaring sosial dengan limit jumlah teman terbilang banyak: 5.000 orang. Untuk mempunyai teman sebanyak itu di Facebook bukanlah perkara sulit.

Pengguna Facebook bisa menambah jumlah temannya dengan mudah berkat fasilitas pencarian. Atau, pengguna juga bisa menjalin pertemanan dari grup di mana ia bergabung atau dari fan page yang ia sukai.

Di sini kita asumsikan bahwa kita sudah memiliki 5.000 teman di Facebook. Namun, dari angka tersebut, berapa orang yang benar-benar 'berteman' dengan kita? 

Dikutip dari ABC News, Senin (16/5/2016), sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Royal Society Open mengungkap, keterbatasan kapasitas otak dan waktu senggang (free time) manusia hanya memungkinkan manusia untuk menjalin tidak lebih dari sekitar 150 pertemanan di media sosial layaknya di kehidupan nyata.

Karena itu, orang-orang ke-151 dan seterusnya hanya dikategorikan sebagai kenalan, atau orang yang dikenal secara sekilas saja. Limit 150 teman ini telah dikenal sebagai 'Angka Dunbar' setelah psikolog asal Inggris, Profesor Robin Dunbar menciptakan konsep tersebut.

"Memang ada beberapa fleksibilitas, mungkin, tapi tidak terlalu banyak, dan itu sebagian besar tergantung pada seberapa lemah atau kuat Anda ingin persahabatan Anda menjadi seperti apa," kata Dunbar.

Lebih lanjut, ia menuturkan, "Seolah-olah masing-masing dari kita memiliki modal sosial terbatas, dan kita dapat memilih untuk berinvestasi sedikit (menjalin hubungan pertemanan, red.) ke lebih banyak orang , atau berinvestasi banyak ke lebih sedikit orang. Tapi Anda tidak bisa melebihi batas."

Menurut Dunbar, hubungan manusia terbagi berlapis-lapis di dalam sebuah lingkaran besar, mulai dari yang paling dekat hingga yang paling jauh. Terungkap, kita memiliki rata-rata 5 teman akrab, 15 teman terbaik, 50 teman baik, dan 150 teman.

(Why/Cas)

Loading
Artikel Selanjutnya
Makin Jago Bahasa Indonesia, Choi Siwon Disarankan Membuat KTP
Artikel Selanjutnya
Azis Gagap Anggap Mundur dari Panggung Lawak Sebagai Keputusan Terbaik