Sukses

Sumbang 99% Saham Facebook, Ini Misi Mark Zuckerberg

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut kelahiran putri pertamanya, Founder sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg bersama istrinya mengumumkan rencana untuk menyumbangkan 99 persen saham Facebook. Saham milik Zuckerberg diketahui bernilai US$ 45 miliar atau sekitar Rp 621 triliun.

Lalu apa misi Zuckerberg di balik rencana besarnya itu? Melalui `surat cinta` yang dibuat untuk putri kesayangannya yang diberi nama Max di Facebook, Zuck - sapaan akrab Zuckerberg - berambisi untuk memajukan potensi manusia dan mempromosikan kesetaraan semua anak di generasi berikutnya.

"Mempromosikan kesetaraan adalah untuk memastikan semua orang memiliki akses ke kesempatan ini - terlepas dari bangsa, keluarga atau keadaan mereka dilahirkan. Masyarakat kita harus melakukan ini tidak hanya untuk keadilan atau amal, tetapi untuk kemajuan manusia," tulis Zuck di akun Facebook miliknya, Rabu (2/12/2015).

Priscilla and I are so happy to welcome our daughter Max into this world!For her birth, we wrote a letter to her about...

Posted by Mark Zuckerberg onĀ Tuesday, December 1, 2015


Selain itu Zuck juga menyinggung soal isu keterbatasan akses internet. Ia menekankan bahwa akses internet sangat penting untuk setiap orang, di mana satu orang bisa keluar dari kemiskinan dan sekitar satu pekerjaan baru diciptakan. Namun, masih lebih dari setengah populasi dunia - lebih dari 4 miliar orang - tidak memiliki akses ke internet.

"Jika generasi kita menghubungkan mereka, kita bisa mengangkat ratusan juta orang keluar dari kemiskinan. Kita juga dapat membantu ratusan juta anak untuk mendapatkan pendidikan dan menyelamatkan jutaan nyawa dari penyakit," tambahnya.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

"Hari ini ibumu dan aku (ditujukan untuk putrinya) berkomitmen untuk menghabiskan hidup melakukan bagian kecil kami untuk membantu mengatasi tantangan ini. Saya akan terus menjadi CEO Facebook selama beberapa tahun ke depan, tapi masalah ini terlalu penting untuk menunggu sampai kamu atau kita lebih tua untuk memulai pekerjaan ini. Dengan memulai di usia muda, kami berharap dapat melihat manfaat peracikan sepanjang hidup kita," sambung Zuck.

Untuk mewujudkan misinya, Zuck bersama istri akan memberikan 99% dari saham Facebook untuk menuntaskan isu-isu tersebut. "Kami tahu ini adalah sumbangan kecil dibandingkan dengan semua sumber daya dan bakat dari mereka yang sudah bekerja pada isu-isu tersebut. Tapi kami ingin melakukan apa yang kami bisa, bekerja bersama banyak orang," pungkas Zuck.

"Max, kami mencintaimu dan merasa memiliki tanggung jawab besar untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik untuk kamu dan semua anak-anak di dunia. Semoga kamu mendapatkan kehidupan yang penuh dengan cinta, harapan, dan sukacita yang sama. Kami tidak bisa menunggu untuk melihat apa yang kamu lakukan untuk dunia ini," tulis Zuck di akhir kalimat 'surat cinta' untuk putri kesayangannya tersebut.

(Isk/Why)