Sukses

Sony Pensiunkan Konsol PlayStation Portabel

Dengan berakhirnya masa jual PSP, maka kini pihak Sony mengaku akan semakin giat menjual PlayStation Vita.

Liputan6.com, Tokyo - Setelah satu dekade beredar, Sony akhirnya memngumumkan bahwa konsol handheld PlayStation Portable (PSP) akan secara resmi 'dipensiunkan'.

Pihak Sony menjelaskan akan mulai menghentikan penjualan konsol PSP akhir bulan ini di wilayah Jepang dan per Januari 2015 untuk wilayah Amerika Serikat, sementara wilayah Eropa di akhir tahun 2014.

Dengan berakhirnya masa jual PSP, maka kini pihak Sony mengaku akan semakin giat menjual generasi terbaru konsol portabel mereka, PlayStation Vita.

PS Vita dilansir laman Firstpost, Rabu (4/5/2014), akan dijual dengan potongan harga. Selain itu, ditawarkan pula promo download game gratis bagi para mantan pemilik konsol PSP. Namun sayang, promo ini baru dipastikan tersedia di Jepang saja.

Salah satu alasan utama Sony mengakhiri eksistensi konsol PSP dikarenakan gempuran ekosistem game platform perangkat mobile yang semakin bertumbuh pesat. Di sisi lain, PSP memang dinilai kurang berhasil dan kalah saing dibandingkan konsol portabel Nintendo 3DS pesaingnya.

Konsol portabel PSP pertama kali dirilis pada Desember 2004 lalu. Hingga tahun 2012, Sony mencatat PSP telah berhasil terjual hingga 76 juta unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini