Sukses

Penumpang Kereta Api di Daop 9 Jember Meningkat saat Libur Panjang Idul Adha

Sebagian besar penumpang yang berangkat bepergian dengan beberapa kota tujuan di dalam wilayah Daop 9 Jember seperti Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Banyuwangi.

Liputan6.com, Jember - Okupansi penumpang kereta api di wilayah Daerah Operasi (Daop) 9 Jember sepanjang Stasiun Pasuruan hingga Banyuwangi mengalami peningkatan menjelang libur Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Kami mencatat 9.695 penumpang menggunakan kereta api pada hari ini. Jumlah tersebut meningkat 11 persen jika dibandingkan hari yang sama pekan sebelumnya pada Sabtu (8/6) yang melayani 8.759 penumpang," kata Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro di Kabupaten Jember, Sabtu (15/6/2024).

Ia mengatakan meningkatnya jumlah penumpang tersebut di antaranya karena mulai 15 Juni 2024 telah beroperasi KA Mutiara Timur relasi Stasiun Ketapang – Surabaya Pasar Turi PP serta adanya tambahan sarana pada KA Ranggajati, KA Wijayakusuma dan KA Logawa.

"Sebanyak 9.695 jumlah penumpang yang tercatat hingga Sabtu siang itu kemungkinan masih akan terus bertambah karena masih ada beberapa KA yang akan berangkat pada jadwal berikutnya seperti KA Pandalungan, KA Probowangi, KA Blambangan Ekspres dan KA Mutiara Timur," tuturnya.

Menurutnya sebagian besar penumpang yang berangkat bepergian dengan beberapa kota tujuan di dalam wilayah Daop 9 Jember seperti Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Banyuwangi.

"Kebanyakannya adalah pelajar, mahasiswa dan juga para pekerja yang sudah mulai libur dan ingin merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah di kampung halamannya yang masih berada di wilayah tapal kuda," katanya.

Berdasarkan data PT KAI Daop 9 Jember, hingga Sabtu ini jumlah tiket yang sudah terjual selama lima hari libur akhir pekan yang dirangkai dengan peringatan Idul Adha 1445 H dan cuti bersama sejak Jumat (14/6) hingga Selasa (18/6) sebanyak 41.205 tiket.

"KA Sritanjung, KA Tawangalun dan KA Probowangi menjadi tiga kereta api yang paling diminati para penumpang, terbukti dari tiketnya yang sudah terjual habis selama lima hari periode libur Idul Adha 2024," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tersedia 2.709 Tiket di Hari Senin

Bagi masyarakat yang akan bepergian dengan kereta api, lanjut dia, masih tersedia sebanyak 5.790 tempat duduk yang bisa dipesan.

Sisa tempat duduk paling banyak tersedia pada hari Senin (17/6) yang bertepatan dengan peringatan Idul Adha dengan jumlah 2.709 tempat duduk.

"KAI Daop 9 Jember berkomitmen menghadirkan perjalanan kereta api yang aman, nyaman dan berkesan bagi para penumpang selama libur Hari Raya Idul Adha 2024," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.