Sukses

Jelang Lebaran, Sutiaji Pastikan Harga dan Stok Bahan Pangan di Malang Aman

Wali Kota Malang memastikan harga bahan pangan stabil dan stok bahan pokok jelang lebaran 2023 mencukupi

Liputan6.com, Malang - Pemerintah Kota Malang memastikan sejauh ini harga bahan pangan stabil dan stok ketersediaannya mencukupi jelang lebaran Idul Fitri 1444 H. Selain itu, pasokan bahan bakar minyak juga dipastikan aman.

Kondisi itu disampaikan Wali Kota Malang Sutiaji usai memantau Pasar Bunulrejo, Pertamina Fuel Terminal Malang serta Perum Bulog Malang. Pemantauan dilakukan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) pada pada Kamis, 13 April 2023.

“Masyarakat tidak perlu was-was akan ada kelangkaan bahan pangan dan bahan bakar, insya Allah mencukupi," kata Sutiaji usai pemantauan pasar.

Ia mencontohkan di Pasar Bunulrejo. Di pasar tradisional ini harga bahan pangan seperti daging ayam, daging sapi, telur, cabai, tepung terigu dan minyak tak ada peningkatan harga signifikan. Artinya, seluruh harga bahan pangan itu tetap stabil.

Ia berharap stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan itu tetap terjaga. Agar angka inflasi Month to Month (M to M) yang saat ini mencapai 0,24 persen tidak akan mengalami kenaikan signifikan jelang lebaran nantinya.

“Mudah-mudahan kami bisa mempertahankan inflasi di Kota Malang yang kemarin M to M nya terkecil di Jawa Timur,” ujar Sutiaji.

Kepala Bulog Cabang Malang, Siane Dwi Agustina, mengatakan untuk stok beras yang tersedia di gudang sampai hari ini masih ada sebanyak 2.170 ton. Namun stok itu aman karena beras untuk program bantuan telah disalurkan.

“Stok tinggal itu karena penyaluran bantuan beras telah dilaksanakan, tapi tetap aman untuk lebaran,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stok BBM Mencukupi

Wali Kota Malang, Sutiaji, menambahkan, untuk ketersediaan bahan bakar dijamin mencukupi untuk kebutuhan masyarakat selama lebaran nanti. Sebab telah ada penambahan pasokan sekitar 15 persen untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan masyarakat saat lebaran.

Berdasarkan data, untuk stok BBM di Depo Pertamina Terminal Malang per 13 April 2023 ini adalah Pertalite 3.489 Kilo Liter, Pertamax 627 Kilo Liter, Pertamax Turbo 60 Kilo Liter, Bio Solar 1.167 Kilo Liter, Dex Series 209 Kilo Liter. Sedangkan Stok LPG sebesar 241 Metrix Ton.

“Kalau pasokan lebaran tahun lalu hanya ditambah dua persen, kalau sekarang jadi sekitar tujuh persen,” ujar Sutiaji.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.