Sukses

Jadi Ikon Baru Kota Madiun, Wali Kota Maidi Resmikan Tugu Pancasila

Pembangunan Tugu Pancasila, lanjut Totok, menelan anggaran sekitar Rp 200 juta. Selain kokoh karena berbahan logam, patung garuda tersebut juga bisa berputar. Sehingga bisa dilihat dari berbagai arah.

Liputan6.com, Madiun - Pemkot Madiun menambah ikon kota berupa Tugu Pancasila dengan simbol patung burung garuda. Patung berbahan tembaga dan kuningan itu berada di simpang tiga dengan Pasar Spoor. Para pengguna jalan yang masuk wilayah Kota Madiun dari arah utara pasti akan melihat patung tersebut dengan jelas.

"Selain strategis, lokasi baru itu berada di jalan protokol dan akses masuk Pahlawan Street Center. Sehingga bisa lebih mudah dinikmati masyarakat⁣," jelas Totok Sugiarto Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun, Kamis (29/4/2021) dikutip dari TimesIndonesia.

Pembangunan Tugu Pancasila, lanjut Totok, menelan anggaran sekitar Rp 200 juta. Selain kokoh karena berbahan logam, patung garuda tersebut juga bisa berputar. Sehingga bisa dilihat dari berbagai arah.

⁣"Baik yang mau masuk maupun keluar Kota Madiun bisa melihat. Mesin memakai timer supaya ada waktu istirahatnya sehingga awet," jelas Totok.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diresmikan Wali Kota Maidi

Tugu Pancasila diresmikan Wali Kota Madiun Maidi bersamaan dengan peringatan dua tahun pemerintahan MADA (Maidi-Indaraya). Maidi menuturkan patung burung garuda merupakan simbol dasar negara Pancasila.

Tujuan didirikannya Tugu Pancasila adalah menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat. Terutama tentang kebhinekaan.  "Warga Kota Madiun memiliki perbedaan. Dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika maka setiap perbedaan akan mampu disatukan semua demi Kota Madiun," ujar Maidi usai peresmian Tugu Pancasila

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.