Sukses

Komeng Ngaku Fotonya di Kertas Suara Pemilu 2024 Sempat Ditertawakan Petugas dan Ditawari Ganti Foto

Komeng menceritakan detik-detik ketika menyerahkan foto pada petugas KPU untuk ikut Pemilu 2024 DPD RI. Ia sempat ditertawakan dan diminta ganti foto.

Liputan6.com, Jakarta Foto Komeng dalam kertas suara Pemilu 2024 DPD RI mencuri perhatian netizen. Dalam foto, ia berkemeja biru muda dengan mata mendelik. Kini, Komeng unggul sementara dalam hasil hitung suara versi situs resmi KPU.

Melansir situs resmi kpu.go.id, Sabtu (17/2/2024) siang, hasil hitung suara Pemilu 2024 DPD Jawa Barat menempatkan Komeng di urutan teratas dengan 1.429.429 suara atau sekitar 14,25 persen.

Foto Komeng di kertas suara pun viral. Komedian dengan jargon “Uhuy” itu pun mengenang momen membawa foto diri ke KPU. Petugas sempat menertawakan bahkan menawari agar foto kocak itu diganti mumpung masih ada kesempatan.

“Nah, saya waktu ke KPU, saya bawa (foto) itu. Ketawa dulu dia (petugas KPU -red),” kata Komeng, kami lansir dari video wawancara di kanal YouTube Trans7 Official, Jumat (16/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Boleh Enggak, Nih?

Komeng lantas mengonfirmasi boleh tidaknya menggunakan foto nyeleneh itu untuk kertas suara. Sebenarnya, foto itu diizinkan “mejeng” di kertas suara yang akan dicoblos para calon pemilih.

“Terus saya bilang: Pak, boleh enggak nih? (Dia bilang) ya boleh sih, enggak ada larangan. (Saya jawab) ya sudah Pak, itu. Terus dia tanya lagi: Bang Komeng, ini enggak mau ganti (foto)?” ujarnya.

3 dari 4 halaman

Lo Serius Enggak, Sih?

“Saya jawab: Enggak, sudah itu kalau boleh. Sampai nanya tiga kali. Saya bilang, tanya empat kali, bapak dapat payung nih. Maksudnya (dia mungkin) ini lo serius enggak sih, ngasih (foto) ini?” Komeng menyambung.

Pelawak bernama asli Alfiansyah Bustami itu berkukuh pada pendiriannya untuk menggunakan foto tersebut. Benar saja, Komeng berhasil memimpin perolehan suara sementara di Pemilu 2024 anggota DPD RI.

4 dari 4 halaman

Man of the Match Pemilu 2024

Gara-gara foto nyentrik itu, Komeng jadi isu nasional. Namanya sempat menembus daftar trending topic Twitter Indonesia dan digelari Man of the Match dalam putaran Pemilu 2024.

Merespons gelar ini, Komeng mengaku tak tahu maknanya. “Artinya apa itu?” celetuknya ketika diwawancara Raffi Ahmad, Irfan Hakim, dan Mpok Alpa. Selamat ya, Bang Komeng!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini