Sukses

Pagelaran Sabang Merauke dengan Tema Pahlawan Nusantara: Pertunjukan Megah dan Spektakuler!

Pagelaran Sabang Merauke kembali digelar pada tanggal 19 dan 20 Agustus 2023.

Liputan6.com, Jakarta Pagelaran Sabang Merauke kembali digelar dengan tema 'Pahlawan Nusantara', menghadirkan pertunjukan seni dan budaya yang megah dan spektakuler. Digagas oleh iForte dan BCA, acara ini bertujuan untuk merasakan semangat pahlawan Nusantara pada masa lalu yang berjuang untuk kehidupan lebih baik. Pagelaran akan berlangsung selama dua hari, pada tanggal 19 dan 20 Agustus 2023.

Acara ini akan menyuguhkan aksi pertunjukan teatrikal, tari-tarian daerah dan kontemporer, serta musik daerah dan nasional dengan penampilan spektakuler di panggung. Lebih dari 300 seniman lintas generasi akan berpartisipasi dalam pagelaran ini, termasuk musisi, penari, penyanyi ternama Indonesia, serta desainer dan rumah mode.

"Pertunjukan Pagelaran Sabang Merauke - Pahlawan Nusantara merupakan bentuk penghormatan kami terhadap jasa-jasa para pahlawan yang berjuang demi kehidupan yang lebih baik di Indonesia," kata Ferdinandus Aming Santoso, CEO & Presiden Direktur iForte dan Protelindo Group dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

"Ini juga merupakan bukti bahwa seluruh elemen bangsa lintas profesi dan generasi bisa bersatu padu dalam menciptakan pertunjukan besar dengan satu tujuan utama, yaitu membanggakan keragaman budaya Indonesia," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melibatkan Banyak Musisi

Perjuangan para pahlawan di masa lalu menjadi tongkat estafet yang harus diteruskan oleh generasi muda. Inspirasi dari perjuangan mereka harus mengilhami generasi sekarang untuk menjadi pahlawan dalam bidangnya masing-masing dan menjaga eksistensi Indonesia di mata dunia.

Pagelaran Sabang Merauke - Pahlawan Nusantara juga melibatkan berbagai musisi dan seniman ternama, seperti Batavia Madrigal Singers (BMS), Juara European Grand Prix for Choral Singing 2022, yang akan ambil bagian dalam pertunjukan dengan membawakan berbagai repertoar musik yang menggugah semangat cinta Tanah Air.

Pertunjukan ini juga akan melibatkan penyanyi papan atas Indonesia, seperti Isyana Sarasvati, Cantika Abigail, Swain Mahisa, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Nino Prabowo, Yuyun Arfah, dan Gabriel Harvianto. Mereka akan menyanyikan 31 lagu daerah dan nasional yang akan membangkitkan semangat nasionalisme penonton.

 

3 dari 4 halaman

Lebih Megah

Sutradara Pagelaran Sabang Merauke - Pahlawan Nusantara, Rusmedie Agus, menyatakan bahwa pertunjukan ini akan lebih megah dan spektakuler dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Konsep perjuangan pahlawan dari Aceh hingga Papua akan menjadi fokus dalam alur cerita. Pertunjukan multimedia, pengaturan cerita, tata suara, hingga aksi teatrikal akan menghadirkan perbaruan yang menarik bagi penonton.

“Karena mengangkat tema pahlawan nusantara, alur cerita jelas berbeda dibanding Pagelaran Sabang Merauke sebelumnya. Tata panggung akan mengusung konsep perjuangan para pahlawan dari Aceh hingga Papua dipadukan dengan tampilan multimedia yang lebih megah. Lalu di wilayah koreografi dan busana juga kami sempurnakan agar mampu menggugah perasaan penonton untuk semakin bangga menjadi bagian dari Indonesia," ujar Rusmedi menjelaskan.

 

4 dari 4 halaman

Koleksi Busana

Selain itu, pagelaran ini juga memamerkan koleksi busana terbaik dengan nuansa etnik Indonesia dari sejumlah desainer kenamaan, seperti Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Ghea Panggabean, Taufik Bachtiar, dan anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) lainnya.

Para pengunjung Pagelaran Sabang Merauke - Pahlawan Nusantara juga dapat merasakan keragaman budaya Nusantara melalui cultural fair di luar area pertunjukan. Tidak hanya itu, festival UMKM juga akan turut memajukan pariwisata dan perekonomian di Tanah Air dengan melibatkan 48 UMKM Binaan BCA Bangga Lokal dan iForte, serta 3 Desa Binaan Bakti BCA.

Jadi, datanglah dan saksikan Pagelaran Sabang Merauke - Pahlawan Nusantara, nikmati seni pertunjukan spektakuler, dan dukung kekayaan budaya warisan leluhur bangsa Indonesia. Tiket dapat dibeli di marketplace Blibli.com.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.