Sukses

Cover Clearance Hubungkan Content Creator Kover Lagu dengan Penyanyi Asli dan Komposer, Pintu Collab Terbuka

Cover Clearance menghubungkan content creator dengan pemegang lisensi lagu. Dengan begitu, para content creator bisa mengkover lagu dengan aman.

Liputan6.com, Jakarta Era digital melahirkan sejumlah bakat baru yakni para content creator yang merekam ulang atau menyanyikan kembali lagu musisi lain kemudian diunggah ke kanal YouTube atau akun medsos pribadi mereka.

Tahun 2020, ketika dunia dipukul pandemi Covid-19, para content creator bikin lebih banyak cover lagu dari rumah. Ini berpotensi melanggar hak cipta dan memungkinkan terjadinya pencurian aset lagu yang merugikan musisi kover itu sendiri.

Apalagi jika pihak komposer tak berkenan karyanya dikover orang lain atau merasa tak dimintai izin terkait rekam ulang lagunya. Merespons fenomena ini, Sosialoka Indonesia membuat platform Cover Clearance.

Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Senin (32/7/2023), Owner Sosialoka Indonesia, Miftah Faridh Oktofani menjelaskan, Cover Clearance menghubungkan content creator kover dengan pemegang lisensi lagu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hubungkan Content Creator Kover

“Cover Clearance saya buat untuk menghubungkan content creator kover dan pemegang lisensi lagu agar kegiatan mengkover menjadi legal dan lebih aman,” kata Miftah Faridh Oktofani.

Selain itu, Cover Clearance menggandeng YouTube Indonesia untuk memberikan edukasi tentang bagaimana mengkover yang aman, di beberapa kota di Indonesia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Anji, Cakra Khan, Dll.

Salah satunya, lewat program “UnderCover Jogja” di Yogyakarta, 12 Juni 2023. Bahkan, Cover Clearance siap memfasilitasi content creator berkolaborasi dengan penyanyi asli seperti Anji, Ade Govinda, Cakra Khan, Mario G. Klau, hingga Steven Pasaribu.

“Selain itu, kami memfasilitasi penyanyi kover tampil di panggung off-air lewat proyek Beranjak Gigs untuk mengimbangi performa daring dan luring mereka,” ia menambahkan.

 

4 dari 4 halaman

Sejumlah Musisi Kover

Saat ini, Cover Clearance menjadi platform kover resmi pertama dan terbesar di Indonesia, dengan lebih dari 40 ribu katalog lagu hasil kerja sama dengan publisher dan perusahaan rekaman Tanah Air di antaranya MyMusic, Sony Music Indonesia dan Indo Semar Sakti.

“Sejumlah musisi kover populer di Indonesia telah bergabung dengan program ini seperti Felix Irwan, Tami Aulia, Michela Tea, Nabila Maharani, Aviwkila, Mario G Klau, Indah Yastami, Pribadi Hafiz, dan lain-lain,” Miftah Farid Oktofani mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini