Sukses

Gusti Ega Putrawan Pacar Elina Joerg Tiba di Turki, Bawa Bantuan Kemanusiaan Untuk Korban Gempa dari Pemerintah

Gusti Ega Putrawan, kekasih artis Elina Joerg, mengirimkan bantuan untuk korban gempa di Turki dan Suriah.

Liputan6.com, Jakarta Gusti Ega Putrawan tiba di Turki. Pacar artis Elina Joerg ini membawa bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Turki dan Suriah dari pemerintah Indonesia.

Pria yang menjabat sebagai staf khusus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (PNPB) Republik Indonesia ini mengaku sedih dan prihatin melihat dampak musibah gempa yang melanda dua negara tersebut.

"Sedih juga melihat mereka yang terkena dampak dari musibah gempa. Sebagian besar dari mereka juga terpisah dengan keluarganya," kata Gusti Ega saat dihubungi melalui pesan singkat, Jumat, 24 Februari 2023.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bantuan Kemanusiaan

Gusti Ega merinci bantuan kemanusiaan yang diberikan pemerintah untuk membantu korban gempa di Turki dan Suriah. Menurut dia, bantuan kemanusiaan yang disiapkan tak cuma berbentuk logistik.

"Dukungan kita melibatkan lebih dari 250 personel, 5 pesawat kemanusiaan, dan ada 110 ton kargo, 50 kontainer makanan siap saji, 1 rumah sakit lapangan dan 2 dapur umum 24 jam sampai dengan saat ini," dia menuturkan.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Mengurangi Beban Korban Gempa

Bantuan sebanyak itu, kata Gusti Ega, diberikan pemerintah untuk membantu korban gempa Turki dan Suriah secara maksimal. Ia yang ikut serta dalam rombongan pemberian bantuan antusias untuk segera mendistribusikannya kepada setiap korban terdampak gempa.

"Kami berharap bahwa dukungan bantuan yang kita berikan, semoga bisa mengurangi penderitaan rakyat Turki dan juga Suriah," Gusti Ega mengatakan.

 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Bantuan Kemanusiaan Tebesar

Bantuan yang diberikan pemerintah untuk korban gempa Turki dan Suriah terbagi dalam tiga tahap. Sejauh ini, disebutkan Gusti Ega, bantuan tersebut menjadi yang terbesar dalam sejarah dukungan kemanusiaan internasional.

"Negara kita telah memberikan bantuan kemanusiaan untuk Turki dan Rusia dalam tiga tahap. Dan sepanjang sejarah, Indonesia terlibat dalam memberikan bantuan dan dukungan kemanusiaan internasional, bencana gempa bumi di Turki adalah yang terbesar," Gusti Ega memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.