Sukses

Pembangunan MRT Jakarta Fase 3 Sepanjang 84,1 Kilometer Dapat Dukungan dari Inggris dengan Membiayai Sebesar Rp19,3 Triliun

Pemerintah Kerajaan Inggris, memberikan dukungan atas pembangunan MRT Jakarta Fase 3 dengan membiayai sebesar Rp19,3 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Perluasan jaringan moda transportasi massal Mass Rapid Transit (MRT) koridor East-West sepanjang kurang lebih 84,1 kilometer yang direncanakan pada 2024 mendatang, segera dilaksanakan. Pembangunan ini dilirik oleh Pemerintah Kerajaan Inggris.

Dalam kunjungan kerjanya ke Indonesia, The UK Minister of Export at the Department of International Trade H.E. Andrew Bowie, MP menyampaikan dukungannya terhadap pengembangan dan perluasan jaringan MRT Jakarta, khususnya fase 3.

"Saya senang sekali bahwa Inggris dan Indonesia sedang mengeksplor peluang-peluang untuk bekerjasama dalam pengembangan MRT Jakarta. Pertemuan ini mendatangkan para ahli infrastruktur dan keuangan terdepan dari Inggris untuk berkolaborasi dalam mendukung rencana pengembangan transportasi Indonesia. Saya senantiasa menantikan perkembangan hubungan kedua negara di bidang tersebut," ungkap Andrew Bowie, dilansir jakartamrt.co.id, beberapa waktu lalu.

Indonesia, melalui Asisten Perekonomian dan Keuangan Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati menyambut baik dukungan yang diberikan oleh Inggris.

Dijelaskan Sri Haryati, bahwa warga Jakarta dan sekitarnya membutuhkan solusi transportasi perkotaan yang konkret, "Mereka telah merasakan keberhasilan MRT Jakarta fase 1. Oleh karena itu, inisiasi MRT Jakarta fase 3 kami tingkatkan. Proyek fase 3 akan menjadi dase MRT Jakarta yang paling menantang yang pernah dikerjakan."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejak Tahun Lalu

Sri menambahkan bahwa Indonesia berterima kasih kepada Inggria yang telah memberikan perhatiannya terhadap pembangunan MRT fase 3.

"Kami sangat berterima kasih atas perhatian yang telah kami terima sejak tahun lalu dari Inggris. Minta Inggris untuk terlibat dalam proyek ini telah memberi kami harapan," tambahnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Dibiayai Inggris

Pembangunan MRT fase 3 ini dibiayai oleh Inggris, hal itu disampaikan Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), Tuhiyat, dalam sambutannya.

"PT MRT Jakarta (Perseroda) telah menerima expression of interest dari United Kingdom Export Finance (UKEF) yang menyatakan kesediaan pembiayaan koridor East-West MRT Jakarta. Dalam perhelatan G20 di Bali, kami juga telah menandatangani Letter of Intent (LoI) terkait hal tersebut. Pertemuan ini merupakan langkah konkret dalam mewujudkan kerja sama pembangunan koridor East-West," ucapnya.

 

4 dari 4 halaman

Rp19,3 Triliun

Fase 3 koridor East-West MRT Jakarta rencananya membentang sepanjang sekitar 84,1 kilometer dari Cikarang, Jawa Barat hingga Balaraja, Banten melewati wilayah DKI Jakarta sepanjang 33,7 kilometer.

Pemerintah Inggris melalui Expression of Interest (EoI) telah menyatakan dukungan pembiayaan sebesar 1,2 miliar dollar atau setara dengan Rp19,3 triliun. Dan saat ini telah memasuki tahap pengkajian oleh Jakarta Metro Consultant Association (JMCA) di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.