Sukses

7 Film Terbaik Ini Penuh dengan Pesan Moral dan Alur Menarik, Sudah Nonton?

7 film ini wajib Anda tonton sekali seumur hidup.

Liputan6.com, Jakarta Membicarakan soal film tidak akan habisnya. Dari tahun ke tahun, selalu ada saja film terbaik yang dirilis dan memiliki jalan cerita dan diproduksi dengan apik. Film-film tersebut tak jarang mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi. 

Memang, deretan film terbaik masih didominasi oleh Hollywood. Bagaimana tidak? Industri perfilman Hollywood masih menjadi kiblat dari industri film dunia. 

Film yang diproduksi Hollywood, tak hanya memperlihatkan sinematografi, penyutradaraan, dan penulisan skrip yang apik, tapi kerap kali memberikan pesan moral yang mendalam. Itulah mengapa Hollywood kerap menelurkan film terbaik yang layak ditonton.

Secara ilmiah, film merupakan media komunikasi yang bersifat audio visual untuk menyampaikan suatu pesan kepada sekelompok orang yang berkumpul di suatu tempat tertentu. 

Selain itu, film juga dianggap sebagai media komunikasi massa yang ampuh terhadap massa yang menjadi sasarannya, karena sifatnya yang audio visual, film mampu bercerita banyak dalam waktu yang singkat. 

Dan saat menonton film, penonton seakan-akan dapat menembus ruang dan waktu yang dapat menceritakan kehidupan dan bahkan dapat mempengaruhi khalayak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebagai Sarana Penyampaian Pesan

Terdapat dua sisi film yang terlihat, ada yang menganggap film merupakan sebuah tayangan hiburan semata, ada pula yang menganggap film adalah sebuah media penyampai pesan yang dapat memberikan pembelajaran bagi penontonnya.

Film dapat menjadi medium pembelajaran yang baik bagi penonton dan tidak semata menghibur. Pasalnya, film mampu menyampaikan pesan langsung lewat gambar, dialog, dan lakon sehingga menjadi medium yang paling efektif untuk menyebarkan misi, gagasan, dan kampanye, apapun itu. 

Hal itu terjadi, karena pada dasarnya film selalu merekam realitas yang tumbuh dan berkembang di dalam suatu masyarakat dan kemudian memproyeksikan ke dalam layar.

Ragam film terbaik telah diproduksi sebagai sarana hiburan maupun penyampaian pesan bagi khalayak yang menonton. Kekuatan format audio- visual dalam film dinilai mampu menyentuh perasaan dan moral khalayak. 

Film sering menjadi wadah bagi pembuatnya untuk menyampaikan pesan moral yang tersirat bagi penonton dari film tersebut. Pesan-pesan tertentu dalam sebuah film dikomunikasikan untuk dibaca, atau di-decode-kan oleh penonton, dan selanjutnya memengaruhi pemahaman individu penonton.

3 dari 3 halaman

7 Film Terbaik Versi IMDb

Film terbaik selalu diproduksi setiap tahunnya. Dari tahun ke tahun, film berkembang begitu pesat. Film terbaik bisa lahir dari sederhananya teknologi yang digunakan hingga jalan cerita yang tidak rumit namun mendalam.

Berikut ini merupakan 7 film terbaik sepanjang masa versi IMDb yang bisa Anda tonton.

The Shawshank Redemption (1994)

Film ini merupakan salah satu film terbaik sepanjang masa hingga saat ini yang wajib Anda tonton. Rating film ini di IMDb sendiri sebesar 9.3/10, cukup sempurna bukan? The Shawshank Redemption mengantongi beberapa nominasi, termasuk di antaranya tujuh nominasi Academy Awards 1995.

Film yang diadaptasi dari novel ‘Rita Hayworth and Shawshank Redemption' karya Stephen King ini memiliki pesan moral yang kuat tentang kehidupan. Menonjolkan dua tokoh utama, yaitu Andrew “Andy” Dufresne yang diperankan oleh Tim Robbins dan Ellis Boyd Redding yang diperankan oleh Morgan Freeman.

Film ini merupakan kisah tentang dua pria yang menjalani hukuman seumur hidup di penjara dan menjadi teman dan menemukan cara untuk melawan keputusasaan dan menumbuhkan kembali harapan.

The Godfather (1972)

Siapa yang tidak pernah nonton film ini? Pasti semuanya pernah bukan menonton film ikonik satu ini. The Godfather merupakan film yang tak hanya berhasil menjadi film terbaik pada penghargaan Oscar 1972, tetapi juga menjadi film dengan penilaian tertinggi kedua di IMDb dengan rating 9.2/10.

Film ini mengisahkan Don Vito Corleone yang diperankan Marlon Brando. Ia merupakan pimpinan kelompok mafia paling berpengaruh, The Godfather. Kelompok mafia tersebut pun sukses menjalankan bisnis gelapnya di bidang prostitusi, narkoba, perjudian dan lainnya.

Klimaks cerita dalam film ini muncul ketika keluarga Corleone muncul ketika Sollozzo, seorang bandar narkoba, menawarkan kerja sama dalam perlindungan dan bagi hasil bisnis narkobanya. Tawaran tersebut ditolak, dan akhirnya kekerasan pun tak terelakkan. 

Schindler's List (1993)

Film ini memperoleh rating 9.0/10 di IMDb. Film ini menceritakan keadaan kamp konsentrasi pada masa Perang Dunia II. Schindler's List juga berhasil memenangkan tujuh piala Oscar, salah satunya untuk kategori Best Director yang diwakilkan oleh Steven Spielberg.

Schindler’s List menceritakan kehidupan Oskar yang diperankan Liam Neeson, seorang pengusaha Katolik asal Jerman yang membantu menyelamatkan orang-orang Yahudi dari kamp konsentrasi. Oskar memiliki pabrik hasil dukungan militer dari Jerman.

Namun, ia menggunakan pabrik tersebut untuk mempekerjakan orang-orang Yahudi agar mereka tidak ditangkap oleh tentara Jerman. Oskar melakukan ini agar orang-orang Yahudi tersebut tidak masuk ke kamp konsentrasi.

The Dark Knight (2008)

Film ini merupakan sekuel dari film Batman Begins yang dirilis pada 2008. Di IMDb sendiri, The Dark Knight meraih rating 9.0/10. 

Bisa dibilang, The Dark Knight merupakan film terbaik yang dibuat oleh Christopher Nolan. Film ini juga sempat meraih penghargaan Academy Awards pada tahun 2009 untuk kategori Best Supporting Role dan Best Sound Editing.

The Dark Knight menceritakan satu tahun setelah peristiwa di film Batman Begins (2005). Saat itu, Batman, Letnan James Gordon dan Jaksa Distrik baru bernama Harvey Dent berhasil mengumpulkan para penjahat di Gotham.

Ketika itu, munculah dalang kriminal misterius dan sadis yang dikenal dengan nama “The Joker”. Penjahat yang sadis dan misterius ini muncul di Gotham dan membuat kewalahan karena menciptakan gelombang kekacauan baru di kota Gotham.

12 Angry Man (1957)

Ada yang pernah mendengar atau menonton film ini? Film klasik garapan Sidney Lumet ini merupakan salah satu film terbaik yang berhasil mendobrak dunia perfilman. Film ini memperoleh rating sebesar 9.0/10 di IMDb.

Film ini berhasil membuat jalan cerita yang apik dan tak lupa nilai moral yang kuat. 12 Angry Man juga hanya berlatar di satu ruangan sempit, tanpa ada efek visual apa pun, dan hanya fokus pada 12 tokoh utama.

Film berformat hitam putih ini mengisahkan tentang ketidakadilan terhadap warga non-kulit putih yang memang lumrah terjadi di AS pada masa itu. Ini merupakan salah satu karya fenomenal pada saat itu.

Pulp Fiction (1994)

Film yang digarap oleh sutradara terkenal, Quentine Tarantino ini memperoleh rating IMDb sebesar 8.9/10. Pulp Fiction juga menjadi film yang paling berpengaruh dalam dunia perfilman modern.

Pulp Fiction sukses mendapatkan beberapa penghargaan yang membuatnya jadi film terbaik, seperti Palm d’Or dalam Festival Film Cannes, serta penghargaan bergengsi Oscar pada kategori Best Screenplay dan Best Supporting Actor berkat akting Samuel L. Jackson. Tak hanya itu, John Travolta dan Uma Thurman juga mendapat nominasi sebagai Best Actor dan Best Supporting Actress.

Film ini menyuguhkan kisah dari mafia yang menjalankan tugas dengan perjuangannya sendiri, lengkap dengan guyonan-guyonan renyah dan aksi komedi. Pulp Fiction juga memiliki alur film yang menarik dan memaksa penonton untuk menafsirkan sendiri apa yang disaksikannya.

Inception (2010)

Christopher Nolan juga menghasilkan salah satu film terbaik yang berjudul Inception. Film dengan rating 8.8/10 di IMDb ini menggabungkan elemen fiksi ilmiah dan aksi menegangkan.

Film ini menceritakan kisah seorang pencuri ulung bernama Dom Cobb yang diperankan Leonardo DiCaprio. Ia mencuri rahasia penting yang terletak di alam bawah sadar korbannya.

Cobb melancarkan aksinya ketika sang korban tengah dalam keadaan bermimpi. Sekalipun kemampuannya yang tidak biasa ini membuat namanya tersohor di dunia spionase, pekerjaan Cobb ternyata membuatnya menjadi buronan internasional.

Itulah 7 film terbaik versi IMDb yang wajib Anda tonton sekali seumur hidup. Agar nonton semakin menegangkan dan seru, Anda bisa menggunakan TV yang memiliki fitur Dolby Vision IQ. Fitur tersebut secara cerdas dapat mengoptimalkan TV untuk menghasilkan gambar sempurna, lho!

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.