Sukses

Sepuluh Kereta Kencana Iringi Kaesang Pangarep-Erina Gudono Hingga Jokowi-Iriana dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran

Hari ini, Minggu (11/12/2022), digelar prosesi adat ngunduh mantu sebagai rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dan Iriana Gudono.

Liputan6.com, Jakarta Rangkaian acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono masih terus berlangsung. Hari ini, Minggu (11/12/2022), akan digelar prosesi adat ngunduh mantu.

Rangkaian acara ngunduh mantu ini dibuka dengan prosesi pasrah panampi boyong temanten sekalian. Dilanjutkan tata cara adat gepyokan dan minum air putih/air zam-zam. Kemudian memakaikan kain sindur kepada pengantin sekalian dan menuju pelaminan.

Setelahnya, dilanjutkan dengan prosesi pangabekten/sungkeman dan tata cara tumplak punjen. Kemudian prosesi nyebar udik-udik yaitu menabur beras dan uang lalu, serta prosesi begalan/membagi-bagikan perlengkapan rumah tangga dan lain-lain.

Selanjutnya, yaitu kirab pengantin, di mana kedua mempelai pengantin dikawal dari Loji Gandrung ke Mangunegaran. Ada 10 rombongan kereta kencana yang mengiringi Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sepuluh Kereta Kencana

Kereta kencana pertama diisi oleh Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Disusul dengan kereta kencana kedua dan seterusnya yang diisi oleh keluarga Kaesang Pangarep dan Erina.

Sementara Jokowi dan Iriana Jokowi mengisi kereta kencana kesepuluh, atau rombongan terakhir.

 

3 dari 4 halaman

Antusias

Sepanjang rute iring-iringan kirab pengantin ini dipenuhi oleh ribuan warga masyarakat yang hadir menyaksikan prosesi tersebut. Tampak warga masyarakat begitu antusias menyambut rombongan pengantin di sisi kanan dan kiri jalan.

Sesekali Erina Gudono dan Kaesang Pangarep menyapa langsung para warga masyarakat sambil melambaikan tangan dan melempar senyuman.

Selama proses ini, tampak juga Jokowi dan Iriana Gudono membagi-bagikan souvenir dari pernikahan putra bungsunya ini. Proses iring-iringan pengantin ini dimulai sekira pukul 8.30 WIB.

 

4 dari 4 halaman

Ijab Kabul

Kaesang Pangarep resmi menikah dengan Erina Gudono, Sabtu (10/20/2022). Pembacaan ijab kabul dilaksanakan di di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Kaesang Pangarep meminang Erina dengan mas kawin seperangkat alat salat serta uang tunai sebesar Rp300.000, dengan tiga pecahan Rp100.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.