Sukses

Aktor Game of Thrones Wilko Johnson Meninggal Dunia, Tahun 2013 Sempat Divonis Hanya Bisa Hidup 10 Bulan

Sejumlah musisi dunia menyatakan duka cita atas kabar duka yang datang dari Wilko Johnson.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kabar duka ditayangkan di akun media sosial Wilko Johnson. Pemeran sang tukang jagal Ser Ilyn Payne di serial kondang Game of Thrones ini dinyatakan meninggal dunia dalam usia 75 tahun.

“Ini adalah pengumuman yang tak pernah ingin kami sampaikan, dan kami melakukannya dengan hati yang teramat berat: Wilko Johnson telah meninggal dunia,” begitu pengumuman kematian sang aktor Inggris, dilansir dari E! News, Kamis (24/11/2022).

Dilanjutkan, “Ia meninggal dunia  di rumahnya pada Senin, 21 November. Terima kasih telah menhormati privasi keluarganya dalam masa berkabung ini. RIP Wilko Johnson.

Dalam pengumuman ini tak disebutkan secara terperinci penyebab kematian aktor sekaligus gitaris Dr Feelgood ini. Sang mendiang sendiri hampir satu dekade lalu pernah menerima diagnosis kanker pankreas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tolak Kemoterapi

Dilansir dari Variety, Wilko Johnson didiagnosis menderita kanker pankreas stadium akhir dan saat itu memilih untuk tidak menjalani kemoterapi. Oleh dokter ia diperkirakan hanya bisa bertahan hidup 10 bulan saja.

Karena penyakit ini, perannya di Game of Thrones kemudian dibuat lebih pendek, bahkan membuat tur dan album perpisahan. Ia juga menjalani operasi, dan beberapa bulan setelah diagnosis dinyatakan bebas dari kanker.

3 dari 4 halaman

Musisi Dunia Berduka

Sejumlah musisi dunia menyatakan duka cita atas kabar duka ini. Salah satunya adalah Jimmy Page dari Led Zeppelin. “Hari ini saya berduka, setelah mendengar kabar meninggalnya Wilko Johnson, gitaris dan penyanyi/penulis lagu Dr Feelgood,” kata Jimmy Page di Twitter.

Ia juga mengenang pertemuannya dengan mendiang yang tampil pada Mei 2013, dan ingat bahwa pertunjukan berlangsung meriah. “Pertunjukan ini awalnya disebut sebagai tur perpisahannya. Tapi, untungnya, dia terus tampil dan membuat banyak orang bersemangat sampai saat ini. Saya sangat mengaguminya dan kami semua akan merindukannya. RIP Wilko.”

4 dari 4 halaman

Gitaris Inspiratif

Alex Kapranos dari Franz Ferdinand juga mengucap belasungkawa. “Sedih sekali mendengar Wilko Johnson telah meninggal dunia. Gaya bermainnya yang unik serta pesonanya di panggung telah menggetarkan dan menginspirasi banyak gitaris, termasuk saya sendiri,” kata dia.

Alex Kapranos yang pernah mewawancara Wilko, juga mengenang mendiang sebagai pribadi yang cerdas dan bijak. “Kehadirannya di planet ini akan terus terasa hingga bertahun-tahun lamanya,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.