Sukses

Mendiang Rima Melati Dianugerahi Lifetime Achievement di FFI 2022, Kedua Anak Ungkap Rasa Terharu dan Senang

Liputan6.com, Jakarta Mendiang aktris kawakan Rima Melati yang meninggal dunia pada 23 Juni 2022 lalu, mendapat kehormatan dengan dianugerahi penghargaan Lifetime Achievement (Pengabdian Seumur Hidup) untuk Film Piala Citra di Malam Anugerah Festival Film Indonesia 2022 (FFI 2022) yang dihelat di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, pada Selasa (22/11/2022) malam ini.

Penghargaan untuk mendiang Rima Melati diterima oleh sahabat sang aktris kawakan, Widyawati bersama kedua anak Rima Melati, yaitu Aditya Tumbuan dan Hanneke Tumbuan. Kedua anak mendiang Rima Melati pun menyampaikan rasa syukur mereka atas penghargaan yang ditujukan kepada sang ibunda.

Dalam pidatonya di atas panggung, Widyawati mengungkapkan perasaannya atas penghargaan yang telah diberikan kepada Rima Melati. Ia mengaku lega karena sang sahabat akhirnya menjadi aktris yang diakui pengabdian serta kerja kerasnya di industri perfilman Indonesia.

"Bahagia sekali saya rasanya malam ini, dan lega, karena akhirnya, Rima Melati mendapatkan penghargaan lifetime achievement yang seharusnya 10 tahun lalu dia mendapatkan ini," ujar Widyawati, di atas pentas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ungkapan Terharu

Setelah Widyawati mengungkapkan perasaan lega, putra Rima Melati, Aditya Tumbuan, turut menyampaikan perasaan terharu atas apresiasi dari pihak FFI yang diberikan kepada sang ibunda.

"Terima kasih yang tak terhingga untuk FFI, untuk dewan juri yang telah mengapresiasi kerja almarhumah. Saya sungguh sangat terharu. Ini merupakan cerita berharga sebagai keluarga yang dapat kami teruskan," ucap Aditya, yang akran disapa Ai, di atas panggung.

3 dari 4 halaman

Selalu di Hati

Setelah itu, giliran Hanneke Tumbuan menyampaikan pidatonya. Ia mengaku senang sambil mengucapkan rasa terima kasih serta menekankan bahwa sang ibunda akan selalu berada di dalam hati para insan film Indonesia.

"Terima kasih untuk teman-teman yang mendukung mama selama ini di dunia entertainment tentunya. Mama sedang senang sekali tentu sekarang dan mama akan selalu berada di hati kalian masing-masing," kata Hanneke, yang dikenal sebagai pemeran Ade Irma Suryani dalam Film Pengkhianatan G 30 S/PKI.

4 dari 4 halaman

Penghargaan Semasa Hidup

Semasa hidupnya, Rima Melati pernah memenangkan Piala Citra di Festival Film Indonesia 1973 kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Penghargaan lainnya pun menyusul, yaitu Pemeran Pembantu Wanita Terbaik FFI untuk fim Kupu-Kupu Putih (1984), Tinggal Landas buat Kekasih (1985), serta Arini II, Biarkan Kereta Itu Lewat (1989).

Atas anugerah Lifetime Achievement kepada mendiang Rima Melati, Penghargaan Rima Melati Festival Film Indonesia 2022 kategori Aktris Pilihan Penonton pun diberikan kepada Aghniny Haque untuk film Mencuri Raden Saleh.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS