Sukses

Stefan William Tabuh Genderang Perang Pada Perubahan Iklim dan Pemanasan Global

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Indonesia saat ini terdapat 14 juta Ha (Hektar) lebih lahan kritis akibat dampak lingkungan yang harus direhabilitasi, direstorasi, direvitalisasi, dan direklamasi.

Sementara kemampuan pemerintah melalui KLHK melakukan giat tersebut hanya seluas 500.700 Ha per tahun. Bagi aktor yang juga pesinetron Stefan William, fakta tersebut begitu memprihatinkan terhadap kondisi lingkungan di Indonesia.

Stefan William yang kini dipercaya sebagai Chairman PT Home Digital Indonesia (HDI) mulai fokus memperhatikan dampak buruk kondisi lingkungan di Tanah Air yang membutuhkan penanganan serius.

"Maka, jika Indonesia berkehendak untuk segera zero net degradation memerlukan waktu 48 tahun lagi. Ini belum termasuk kasus baru yang rata-rata 47.250 Ha per tahun dan penanganan masalah sampah yang 80 persen limbah rumah tangga dibuang ke alam bebas tanpa melalui proses yang baik," kata Stefan William melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, 23 Juni 2022.

 

 

2 dari 4 halaman

Komunitas Green Indonesia

Duda Celine Evangelista ini mengajak masyarakat untuk bersama-sama memperbaiki bumi dan Tanah Air Indonesia.

Menurut Stefan, pelestarian lingkungan telah menjadi salah satu isu inti yang perlu ditangani untuk memerangi perubahan iklim dan pemanasan global. Pembangunan berkelanjutan merupakan kebutuhan saat ini yang diharapkan dapat menyelamatkan bumi pertiwi dari dampak industrialisasi.

"Karena itu PT HDI tidak bekerja sendirian, berkolaborasi dengan Komunitas Green Indonesia atau Gerakan Revolusi Ekologi dan Ekosistem Nusantara yang giat menangani masalah lingkungan hidup mengambil inisiatif melalui program aksi, antara lain merehabilitasi, merestorasi, merevitalisasi, mereklamasi hamparan lahan rusak dan penanganan masalah sampah," dia melanjutkan.

 

 

3 dari 4 halaman

Pelestarian Lingkungan

Pengertian pelestarian lingkungan, kata Stefan William, adalah perlindungan, pengelolaan dan atau pemulihan lingkungan alam dan komunitas ekologis yang menghuninya.

"Pelestarian lingkungan adalah giat manusia menyelamatkan lingkungan dari hilangnya spesies, dan kerusakan ekosistem, terutama karena polusi dan aktivitas manusia," bintang sinetron Anak Langit ini melanjutkan.

Bumi, ditambahkan Stefan William, adalah rumah bagi beragam spesies hidup dan kita semua bergantung pada lingkungan untuk makanan, udara, air dan kebutuhan lainnya. Oleh karena itu penting bagi setiap individu untuk menyelamatkan dan melindungi lingkungan kita.

 

4 dari 4 halaman

Home Token

Berangkat dari problematik penanganan masalah lingkungan hidup tersebut PT HDI menggandeng Komunitas Green, hadir untuk membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia melakukan percepatan penanganan lahan kritis dan persampahan.

PT HDI atau yang populer disebut Home Token adalah sebuah perusahaan yang menciptakan game berbasis teknologi digital atau metaverse.

"Suatu teknologi augmented reality (AR) yang memungkinkan setiap orang (personal) berinteraksi dengan orang lain secara virtual. Adapun fitur-fitur yang telah disiapkan antara lain Revitalisasi Lahan, Home Landverse, Home Game dan sebagainya," Stefan William menguraikan.