Sukses

Pesan Ge Pamungkas untuk yang Positif Covid-19: Nyawa Manusia Lebih Penting daripada Rasa Malu Kalian

Liputan6.com, Jakarta Aktor dan komika Ge Pamungkas telah mengumumkan bahwa ia terpapar Covid-19 varian Omicron. Hal itu disampaikannya melalui unggahan di Instagram pribadinya pada Rabu (16/2/2022).

Semula, Ge Pamungkas mengakui bahwa ia merasa agak malu ketika ingin mengumumkan berita kurang baik ini. Terlebih lagi, ini adalah kali pertama ia terpapar sejak virus Covid-19 melanda dunia pada 2020 lalu.

Namun rasa malunya itu berubah menjadi keinginan untuk mengumumkan kepada orang terdekat dan juga masyarakat bahwa dirinya positif Covid-19. Hal itu diyakininya sebagai salah satu bentuk tanggung jawab agar orang-orang yang pernah bersinggungan dengannya tahu dan segera melakukan tes PCR atau antigen.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sempat Malu

"Yang pertama kali terlintas di pikiran gue adalah gue kayak merasa malu. Kok jorok banget nih gue. Bisa tembus nih pertahanan gue. Seumur-umur dites nggak pernah positif tapi baru kali ini gue positif," katanya.

"Namun, yang terlintas di pikiran gue yang keduanya adalah nih gue harus ngasih tahu orang-orang nih. Gue harus ngasih tahu orang-orang yang pernah ketemu gue atau pernah berinteraksi sama gue, takutnya mereka juga terpapar,” sambung Ge Pamungkas.

3 dari 4 halaman

Nyawa Lebih Penting

Ge Pamungkas menyadari bahwa jika ia memilih untuk menyembunyikan hal ini tentunya akan membahayakan orang lain. Ia menilai bahwa keselamatan orang jauh lebih penting daripada rasa malunya itu.

“Tapi, kalau dari sudut pandang gue, kenapa gue melakukan hal itu karena menurut gue, nyawa orang itu lebih penting. Jadi ya rasa malu memang ada, tapi gue nggak mau menanggung.... Ini Omicron ini ya Covid ini sudah makan banyak korban nih. Jadi gue nggak mau hanya karena rasa malu akan lagi ada korban dan itu korban juga orang-orang yang kerja sama gue," kata Ge Pamungkas.

4 dari 4 halaman

Jangan Jadi Pembunuh tanpa Darah

Dari situ, Ge Pamungkas menganjurkan kepada orang-orang yang juga terpapar Covid-19 untuk melakukan hal yang sama. Tidak perlu malu untuk mengakui bahwa ia terpapar Covid-19 demi keselamatan orang banyak.

“Jadi ini gue mau menganjurkan ke teman-teman apabila di antara kalian ada yang terpapar, positif, rasa malu itu akan ada. Jangan takut untuk ngomong karena nyawa manusia itu lebih penting daripada rasa malu kalian. Jangan jadikan diri kalian tuh pembunuh tanpa darah. Itu saja sih,” tutup Ge Pamungkas.

  • Seseorang dengan Covid-19 dapat menularkan virus dalam waktu 48 hingga 72 jam sebelum muncul gejala.
    Seseorang dengan Covid-19 dapat menularkan virus dalam waktu 48 hingga 72 jam sebelum muncul gejala.
    Positif COVID-19
  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Omicron
  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • Ge Pamungkas