Sukses

Jenazah Dorce Gamalama Dimakamkan Sesuai Syariat Islam, Sebagai Laki-Laki

Jenazah Dorce Gamalama dimakamkan sebagai lelaki.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak keluarga telah menyampaikan perihal pemakaman Dorce Gamalama. Mimi, keponakan dari mendiang Dorce Gamalama, menyebut bahwa keluarga sejatinya akan tetap menjalankan pemakaman menurut Syariat Islam.

"Sesuai dengan syariat dan ajaran Islam, karena kita orang Islam insyaAllah akan mengikuti syariat. Allah ciptakan kita sebagai apa, dan kita akan kembali lagi kepada Allah sebagai apa," kata Mimi saat ditanya mengenai wasiat Dorce terkait pemakamannya.

Dengan kata lain, Dorce akan dimakamkan secara laki-laki. Hal ini juga memperkuat pernyataan dari Ustaz Anan Muhajir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Secara Laki-Laki

Di kesempatan berbeda, ustaz yang akan mengurus proses pemakaman Dorce Gamalama itu menyebut hal yang sama.

"Tentang prosesi pemakaman Dorce, rencananya akan dialatkan dulu di masjid wakaf Bunda Dorce, Al Hayyu. Memang kemarin sempat ramai Dorce ingin dimakamkan secara perempuan, tapi menurut Ustaz Anan itu hanya keinginan, tetap nanti kita akan makamkan secara laki-laki," ujarnya kepada wartawan.

3 dari 5 halaman

Jenazah Diurus di RS

Jenazah presenter kondang diurus di RSPP Simprug, Jakarta Selatan. Jenazah tak bisa dikunjungi sesuai protokol kesehatan.

"Enggak bisa dilihat, langsung diurus RS. Enggak diziinin sekarang. Karena RS Covid enggak bisa dilihat," ungkap Hetty Sunjaya, kerabat Dorce, saat dihubungi.

 

 

4 dari 5 halaman

Pemakaman

Setelahnya, jenazah Dorce disalatkan di Masjid Al Hayyu, Lubang Buaya, dan akan dimakamkan di TPU Bantarjati, Jakarta Timur, usai zuhur.

5 dari 5 halaman

Riwayat Sakit

Sebelum meninggal karena Covid-19, pemilik nama asli Dedi Yuliardi Ashadi diberitakan menderita diabetes dan sempat mengalami demensia alzheimer.

Dia juga mengalami kesulitan berjalan hingga harus dibantu dengan kursi roda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.