Sukses

Fedi Nuril Ungkap Pengalaman Pernah Ditahan Tentara Israel Saat Berada di Palestina

Fedi Nuril memiliki pengalaman kurang menyenangkan dengan tentara Istael saat ia berada di Palestina.

Liputan6.com, Jakarta Konflik Israel-Palestina hingga saat ini masih berlangsung. Rupanya, Fedi Nuril punya pengalaman kurang menyenangkan dengan tentara Israel saat ia berada di Palestina.

Itu terjadi pada 2014 saat Fedi Nuril syuting program Ramadan di Palestina. Ia menceritakan pengalaman ini di akun Instagram terverifikasinya pada Minggu (23/5/2021).

"Tahun 2014, gue ke Palestina untuk syuting sebuah program Ramadan. Sewaktu gue dan salah satu kru masuk Masjidil Aqsha untuk salat zuhur dan ambil gambar," tulis Fedi Nuril.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Merasa Takut

Saat itu, bintang film Ayat-ayat Cinta dan Surga Yang Tak Dirindukan ditahan serta tidak diizinkan masuk oleh tentara Israel. Kendati demikian, Fedi Nuril tidak gentar.

"Gue ditahan di gerbang masuk oleh tentara Israel karena bawa tripod dan wireless mic. Anehnya, walaupun tentara itu bersenjata lengkap, gue nggak merasa takut," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Perebutan Paksa

Lebih lanjut, Fedi Nuril menyoroti masalah yang terjadi antara Israel dan Palestina, termasuk ketimpangan senjata antara kedua pihak belah pihak.

"Apa yang terjadi di Palestina bukan perang, tapi perebutan paksa. Tentara Israel didukung teknologi militer dari US dan negara maju lain, sedangkan rakyat Palestina bertahan dengan persenjataan seadanya," beber Fedi Nuril.

 

4 dari 4 halaman

Diskusi

Di tiga unggahan terakhir, Fedi Nuril membahas konflik hingga sejarah Palestina serta mengajak masyarakat berdiskusi soal ini. Fedi Nuril sedih atas kejahatan kemanusiaan yang terus terjadi di Palestina.

"Gue yakin tidak ada satu pun ideologi di dunia yang membenarkan pembunuhan dan kekerasan terhadap manusia lain. Tidak peduli apa agama dan keyakinan kalian, bagaimana mungkin membunuh anak-anak dianggap “biasa saja”?" tanya Fedi Nuril.

"Semoga saudara kita, rakyat Arab-Palestina, di Palestina selalu dalam lindunganNya. Aamiin," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.