Sukses

Tom Cruise Kembalikan 3 Piala Golden Globes, Bentuk Protes kepada Penyelenggara

Selama kariernya, Tom Cruise menerima 2 piala Golden Globes untuk Aktor Terbaik dan sisanya adalah Aktor Pendukung Terbaik.

Liputan6.com, Jakarta Selama kariernya, Tom Cruise menyabet tiga piala Golden Globes. Namun kini, ketiga trofi prestisius miliknya dikembalikan ke pihak penyelenggara, Hollywood Foreign Press Association (HFPA).

Dilansir dari Deadline, Selasa (11/5/2021), ketiga piala ini telah dikembalikan oleh Tom Cruise pada tanggal 10 Mei kemarin. Yakni piala Aktor Terbaik yang ia menangkan lewat Jerry Maguire dan Born on the Fourth of July serta Aktor Pendukung Terbaik di Magnolia.

Tak hanya bintang Mission: Impossible ini yang menyatakan protes terhadap HFPA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Disindir Host Golden Globes 2021

Seperti diketahui, HFPA menuai protes keras karena tidak ada satu pun anggotanya yang berkulit hitam. Dalam Golden Globes 2021, isu ini bahkan disindir di atas panggung oleh dua pembawa acaranya, Tina Fey dan Amy Poehler.

"Bisa dimengerti semua orang kesal kepada HFPA dan pilihan mereka. Begini, banyak (film) sampah nan gemerlap yang terpilih jadi nominasi, kan? Ya itu yang terjadi. Tapi banyak aktor dan proyek yang dipimpin orang kulit hitam yang jadi terpinggirkan," kata Amy Poehler.

3 dari 5 halaman

Surat Bos Netflix

Sejumlah pihak di industri hiburan juga telah ikut bersuara. Bos Netflix Ted Sarandos menyurati HFPA bahwa pihaknya menghentikan aktivitas apa pun dengan organisasi ini hingga ada perubahan nyata.

Stasiun TV NBC juga menyatakan tak menayangkan malam puncak acara ini pada tahun 2022 mendatang. Langkah ini diambil karena HFPA dinilai belum bisa melakukan reformasi yang bisa memuaskan pihak studio maupun pemangku kepentingan.

4 dari 5 halaman

Absen Tayang

"Perubahan sebesar ini membutuhkan waktu dan tenaga, dan kami yakin bahwa HFPA perlu waktu untuk melakukannya dengan benar. Karena itu, NBC tidak akan menayangkan Golden Globes 2022. Bila organisasi telah mengksekusi rencananya, kami harap bisa kembali menyiarkan acaranya pada Januari 2023," begitu pernyataan pihak NBC.

Stasiun TV ini, menayangkan Golden Globes sejak 1996.

 

5 dari 5 halaman

Jalankan Rencana

Sementara itu, dalam surat balasannya keada Ted Sarandos, Presiden HFPA Ali Sar memastikan bahwa mereka tengah menjalankan rencana yang sesuai dengan masukan mereka terima. 

"Dan kami bangga bahwa rencana kami diterima oleh lebih dari 90 persen anggota—tak ada keraguan bahwa para anggota juga menerima kesempatan ini," begitu isi pernyataannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.