Sukses

Sketsa KRI Nanggala 402 Unggahan Najwa Shihab dan 5 Artis Ini Bikin Haru, Ada Pelaut Melangkah di Awan

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia membuka sejumlah skenario terkait pengangkatan KRI Nanggala 402 yang dinyatakan subsunk di perairan Bali. Kapal selam kebanggaan pertiwi itu dinyatakan on eternal patrol dikawal 53 patriot negeri.

Sejak pekan lalu, warganet termasuk sejumlah artis menyatakan empati dan dukacita untuk awak Nanggala 402 dan keluarga. Di akun Twitter terverifikasinya, presenter Timothy Marbun mengunggah sejumlah sketsa karya warganet. Salah satunya, akun @komikfaktap.

Ia menampilkan gambar seseorang dengan jantung hati. Di tengah jantung, ada sketsa kapal monokrom dengan angka 402. Najwa Shihab tak ketinggalan. Inilah 6 seleb yang mengunggah sketsa mengenang KRI Nanggala 402 dengan untaian doa indah.

2 dari 7 halaman

1. Cathy Sharon: Tidak Tenggelam

Mengunggah sketsa karya akun @kata.emakku yang didominasi lapisan gelombang biru dengan KRI Nanggala 402 di tengahnya. Bersama sketsa ini tertera kalimat pengingat yang digarisbawahi, “Mereka tidak tenggelam. Mereka hanya berpatoli selamanya.”

Menyertai sketsa membiru yang diunggah di akun Instagram, Cathy menulis, “Misi terakhir nya untuk berpatroli selama nya... Selamat jalan #nanggala402 🖤 Dan para Putra Terbaik Bangsa 🙏🏻. Wira Ananta Rudhiro. Tabah sampai akhir.”

3 dari 7 halaman

2. Mira Lesmana: Di Batas Senja

Mencermati ilustrasi karya @adji_copoo ini hati terasa hangat. KRI Nanggala 402 tiba di batas senja. Sejumlah bintang malu-malu menyambut. Burung-burung bercengkerama dilatari cakrawala gradasi jingga nan ungu.

Suasana sore elok ini diunggah Mira Lesmana di akun Instagram terverifikasinya dengan status teks, “Sekali lagi mengheningkan cipta, mengirim doa 🙏🏼 #RIP #Nanggala402. Gambar penuh makna ini karya @adji_copoo.”

4 dari 7 halaman

3. Andien: Dasar Samudra

Bersemayam di kedalaman 850 meter. Demikian kabar yang tersiar soal KRI Nanggala 402 yang hilang kontak sejak pekan lalu. Di sana, 53 patriot kebanggaan kita beristirahat bersama angin yang tenang di perairan indah. Sketsa yang diunggah Andien ini karya @gumpnhell.

Terima kasih telah menunaikan janji baktimu, wahai 53 patriot bangsa. Beristirahat dengan tenang, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan luar biasa. Amin,” ungkap pelantun “Detik Tak Bertepi” dan “Pulang” via akun Instagram.

 

5 dari 7 halaman

4. Yuni Shara: Misteri Semesta

Dalam dan luasnya samudra tetaplah menjadi sebuah misteri semesta ini. Turut belasungkawa untuk KRI Nanggala 402 submarine and all crew. Alfatihah,” tulis kakak kandung Krisdayanti di akun Instagram bersama sketsa karya @syahrangga_.

Sketsa itu menampilkan pergelangan tangan dan jemari menembus birunya air, seolah mencari sesuatu. Di dasar air, tampak kapal selam bercat hitam terdiam. Di tengah sketsa, tertera tulisan: Keep the faith (tetaplah percaya).

6 dari 7 halaman

5. Najwa Shihab: Dua Sayap

Tuan rumah Mata Najwa mengunggah ulang karya @hisyamon_ yang penuh warna, unggahan akun @narasi.ecosystem. Terkesan ceria namun jika dicermati, sketsa ini menampilkan kapal selam dengan dua sayap mengepak. Terbang menuju keabadian.

Melepas para patriot untuk berpatroli selamanya, Najwa Shihab menulis, “Hormat untuk para patriot.” Akun @narasi.ecosystem sendiri mencuit status teks, “Doa terbaik untuk 53 awak KRI Nanggala-402 dan keluarga.”

 

7 dari 7 halaman

6. Timothy Marbun: Sea of Heaven

Sketsa ini bikin mata berkaca dan dada sesak. Karya Alvin Resqy via akun @alvinxki ini bertajuk “To The Horizon.” Ada dua sketsa. Pertama, menampilkan KRI Nanggala 402 tiba di perairan cakrawala jingga. Sketsa kedua menggambarkan para patriot kita keluar kapal.

Dengan wajah bahagia mereka melangkah di atas awan. “Tribute to Nanggala 402. My you rest in peace. On Eternal Patrol. KRI Nanggala 492,” cuit @alvinxki. Dicuit ulang Timothy Marbun, presenter ini menulis, “Ini indah banget. Salut.” Di akun Instagram @alvinxki, seorang netizen berkata, “Sea of heaven…”

 

Fair winds and following seas, sailors…