Sukses

Isu Video Klip Via Vallen Plagiat Milik IU, Sutradara: Saya Minta Maaf Karena Bikin Fans Kecewa

Video klip terbaru Via Vallen, "Kasih Dengarkanlah Aku" dicibir publik karena mirip milik penyanyi Korea, IU. Sang sutradara mengklarifikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Video klip Via Vallen featuring Dyrga Dadali yang berjudul "Kasih Dengarkanlah Aku" disebut mengandung unsur plagiarisme. Itu lantaran banyak adegan yang mirip dengan video klip milik penyanyi Korea Selatan, IU, "Above the Time."

Terkait hal ini, pihak manajemen Via Vallen, Ascada Musik, menjelaskan konsep video klip "Kasih Dengarkanlah Aku" berasal dari sutradara. Via Vallen dan Dyrga Dadali tak ikut campur.

"Pihak artis dalam hal ini Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut, hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruh aktivitasnya diarahkan oleh sutradara. Kedua artis tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep idea video klip," jelas Ascada Musik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Referensi Lain

Chris Sinyal selaku sutradara akhirnya memberi tanggapan. Ia mengakui mengambil referensi lain untuk menggarap video klip "Kasih Dengarkanlah Aku".

"Sebenarnya kita selalu mencari referensi supaya kita enggak ketinggalan zaman. Memang musik Korea kan saat ini begitu dahsyat. Jadi saya mengambil referensi yang sebenarnya bukan masalah, tapi bentuknya keindahan gambar yang mau diungkapkan," papar Chris Sinyal dikutip dari Cumi Cumi, Senin (26/10/2020).

3 dari 4 halaman

Sutradara Minta Maaf

Chris Sinyal akhirnya minta maaf atas hal ini. Sebab, banyak pihak yang dikecewakan terutama penggemar. Baik penggemar Via Vallen maupun IU.

"Kalau ini membuat mereka menjadi sesuatu yang agak kecewa makanya saya juga minta maaf. Kalau hal itu menjadi kecewa karena mereka begitu ngefans sama idolanya. Saya minta maaf atas kekecewaan, gundah gulana. Pada prinsipnya referensi ini saya buat untuk jadi keindahan gambar saja," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Diturunkan dari Kanal YouTube

Sabtu (24/10/2020) malam, Via Vallen mengumumkan bahwa video klip yang bermasalah tersebut telah diturunkan dari kanal YouTube. Wanita asal Jawa Timur ini juga mengakui ada kelalaian terkait insiden ini.

"MV 'kasih dengarkanlah aku' sudah di take down ya teman-teman. Sekali lagi, maaf atas kelalaian yang terjadi," tulis Via Vallen di fitur Instagram Stories.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.