Sukses

Isu Plagiat Video Klip IU, Pihak Via Vallen Ngaku Cuma Ikut Arahan Sutradara

Liputan6.com, Jakarta - Baru dirilis, video klip Via Vallen yang berjudul "Kasih Dengarkanlah Aku" featuring Dyrga Dadali sudah menuai kontroversi. Warganet menilai bahwa karyanya mirip video klip IU yaitu "Above the Time" yang dirilis November 2019.

Via Vallen sendiri telah mengakui bahwa vieo klipnya itu memang memiliki kesamaan dengan "Above the Time". Ia mengaku malu dan meminta maaf kepada seluruh penggemar IU, juga penggemarnya sendiri, Vyanisty.

Pihak manajemen Via Vallen, Ascada Musik juga akhirnya buka suara di kolom komentar video klip "Kasih Dengarkanlah Aku". Pihaknya menjelaskan duduk perkara yang terjadi.

"Bahwa pihak management, menerima seluruh konsep/ide video klip yang ditawarkan oleh pihak sutradara. Adapun dari hasil akhir video klip tersebut ada kemiripan dengan video klip lain, kami pihak management sama sekali tidak mengetahuinya, dan pihak management sedang meminta klarifikasi dari pihak sutradara," tulisnya.

2 dari 4 halaman

Arahan Sutradara

Saat syuting video klip, Via Vallen dan Dyrga Dadali juga hanya mengikuti arahan dari sutradara video klipnya. Mereka tak ikut campur mengenai konsep.

"Pihak artis dalam hal ini Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut, hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruh aktifitasnya diarahkan oleh sutradara. Kedua artis tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep idea video klip," jelasnya lagi.

3 dari 4 halaman

Kata Via

Lebih lanjut, pelantun lagu "Sayang" itu juga mengatakan bahwa sama sekali tak ada unsur kesengajaan dalam hal ini mengingat ia juga tak banyak tahu tentang video klip artis-artis K-Pop.

"Karena aku bukan penggemar Kpop secara umum, jadi enggak banyak tahu soal MV Kpop. (Kebanyakan MV Kpop yang aku lihat cuma Blackpink doang)" kata dia di Instagram Stories.

4 dari 4 halaman

Dihapus

Sebagai jalan keluar, Via Vallen akan meminta labelnya untuk menghapus video klip "Kasih Dengarkanlah Aku". Hingga Sabtu (24/10/2020) MV ini telah ditonton 93 ribu kali.

"Aku bakal minta videonya buat di-take down dan ini akan jadi pembelajaran ke depannya biar enggak terjadi lagi hal seperti ini. Sekali lagi, dari lubuk hati yang paling dalam, aku mohon maaf yang sebesar-besarnya," Via Vallen mengakhiri.