Sukses

Selain Kanker, Purwaniatun Juga Sakit Ginjal dan Paru-Paru Jelang Meninggal

Liputan6.com, Jakarta - Purwaniatun, pemeran Si Mbok di berbagai serial televisi tutup usia di Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (23/3/2020). Ia meninggal dunia di usia 66 tahun.

Sebelum mengembuskan napas terakhir, Purwaniatun sempat menjalani operasi pengangkatan sel kanker rahim. Namun setelah itu, kondisinya mengalami penurunan hingga harus dirawat selama 40 hari di ICU.

"Setelah operasi dua hari doang sadarnya, terus memburuk. Kira-kira sekarang hari ke 40 setelah operasinya di ICU. Dari operasi di ICU sekarang hari ke 40," kata Gia, cucu Purwaniatun saat dihubungi wartawan, Senin (23/3/2020).

Hal ini pun menimbulkan tanda tanya di benak publik. Apakah artis kelahiran Surakarta, Jawa Tengah ini berada dalam kondisi yang baik saat hendak dioperasi?

2 dari 5 halaman

Sehat

"Waktu masuk (RS) itu sehat walafiat dan fit dinyatakan untuk operasi pengangkatan kanker rahim itu. Semuanya fit kondisinya, tapi ya semua kita kembalikan ke Allah," kata Bayu, anak Purwaniatun di rumah duka di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (23/3/2020).

"Jadi sebelum operasi itu beliau udah 100 persen fit dan siap, nggak ada keluhan sama sekali. Dan beliau yang pengin untuk minta dioperasi, karena terpapar itu baru sedikit kankernya," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Penurunan Fungsi Organ

Tak sadarkan diri dalam kurun waktu yang lama, membuat sejumlah organnya mengalami penurunan fungsi. Ia pun dinyatakan meninggal pada Senin pukul 10.27 WIB.

"Setelah OP ini mungkin terpapar (penyakit) lainnya gitu. Terakhir itu kondisi ginjal menurun dan akhirnya karena udah lama diruang ICU dan dia punya paru-paru juga tidak berfungsi dengan baik," Bayu mengakhiri.

4 dari 5 halaman

Sosok Purwaniatun

Di mata sang anak, Purwaniatun adalah sosok ibu yang sangat baik. Ia mendoakan agar almarhumah ibunya mendapatkan tempat yang indah di sisi Tuhan.

"Inspirasi kita. Sangat inspiring buat anak-anaknya, selalu memotivasi, selalu menyuruh kita berbuat baik kepada sesama," ia mengakhiri.

5 dari 5 halaman

Dimakamkan

Jenazah Purwaniatun telah dikebumikan di TPU Pondok Kelapa, Jakarta Timur pada Senin (23/3/2020) selepas waktu ashar.

Semasa hidup, Purwaniatun telah membintangi banyak judul sinetron seperti Monyet Cantik dan Serigala Ganteng, serta Kawin Gantung. Ia juga bermain dalam sejumlah judul FTV.

So Ji Sub Resmi Menikah dengan Cho Eun Jung
Loading
Artikel Selanjutnya
Live Streaming SCTV Sinetron Samudra Cinta Episode Senin, 23 Maret 2020
Artikel Selanjutnya
Istri Idris Elba Positif Virus Corona, Justru Khawatir karena Tak Alami Gejala