Sukses

Dokter Handoko Gunawan Kelelahan Merawat Pasien Virus Corona, Keluarga Bereaksi

Dikabarkan jatuh sakit akibat kelelahan menangani pasien wabah virus Corona, pihak keluarga memberikan pernyataan.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah pemberitaan seputar wabah virus Corona yang mengkhawatirkan, terbit kabar mengharukan soal dedikasi dokter Handoko Gunawan. Dokter Handoko Gunawan yang usianya kini mendekati 80 tahun adalah spesialis paru dari Rumah Sakit Graha Kedoya Jakarta.

Faktor usia membuat pihak keluarga meminta dokter Handoko Gunawan tidak ikut menangani pasien virus Corona di Tanah Air. Yang bikin terenyuh, semangat sang dokter dalam membantu pasien positif virus Corona untuk sembuh.

Kabar terkini menyebut, kelelahan bertugas menangani pasien virus Corona membuat dokter Handoko Gunawan sesak napas. Kini ia dirawat intensif di salah satu rumah sakit di Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menanggapi Berita

Lewat sebuah pesan singkat kepada Liputan6.com, dokter Handoko kini dalam kondisi baik.

"Dr. Handoko Gunawan saat ini sudah dalam penanganan RS dan staf medis yang kompeten. Dr. Handoko dalam kondisi sadar dan dapat berkomunikasi dengan baik (tentunya komunikasi dibatasi)," tulis pihak keluarga sang dokter. 

 

3 dari 5 halaman

Komunikasi Dibatasi

Pesan bernada serupa juga beredar di media sosial. Salah satunya diunggah akun gosip Instagram Lambe Turah, berisi pernyataan yang mengatasnamakan keluarga dokter Handoko Gunawan.  

“Untuk menanggapi berita-berita yang beredar melalui sosmed, kami atas nama keluarga dr. Handoko Gunawan ingin menyampaikan hal-hal sebagai berikut,” begitu isi pesan tersebut.  

Ada empat poin penting dalam pernyataan ini. Pertama, dokter Handoko Gunawan saat ini sudah dalam penanganan RS dan staf medis yang kompeten. Yang kedua bahwa sang dokter berada dalam kondisi sadar dan bisa berkomunikasi, meski dibatasi. 

 

4 dari 5 halaman

Budi Baik Masyarakat Indonesia

Mereka menambahkan, “Kami keluarga besar dokter Handoko Gunawan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian, simpati, dan doa-doa yang dipanjatkan untuk dokter Handoko Gunawan baik dari teman-teman, kerabat, netizen, dan seluruh lapisan masyarakat yang memberikan semangat dan dukungan.

Terakhir, sang penulis pesan berdoa kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa membalas budi baik masyarakat Indonesia. 

5 dari 5 halaman

Karma Baik Untuknya

Seperti diketahui, kegigihan dokter Handoko Gunawan menyita perhatian publik termasuk sejumlah seleb dari Kirana Larasati, Hotman Paris Hutapea, hingga Nabilah Ayu. “Mari kita doakan agar selalu diberi kesehatan dan kekuatan. Karma baik untuknya..," tulis Kirana Larasati.

Nabilah Ayu di kolom komentar akun Instagram Hotman Paris berujar, “Ya Allah sedih bacanya, semoga sehat terus, ya Dok. Panjang umur,” ujar bintang film Sunshine Becomes You dan Mata Batin 2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini