Sukses

5 Fakta Franka Franklin, Istri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim

Liputan6.com, Jakarta Nadiem Makarim beberapa hari belakangan ini mencuri perhatian publik. Bagaimana tidak, founder perusahaan yang bergerak di dunia online itu dipilih Presiden Jokowi sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Tak hanya Nadiem Makarim, Franka Franklin, istrinya, juga menjadi sorotan. Sebab, banyak orang yang ingin tahu siapakah teman hidup Nadiem Makarim yang kini menjadi menteri termuda dalam kabinet pimpinan Presiden Jokowi.

Lantas, seperti apa fakta tentang Franka Franklin istri Nadiem Makarim? Berikut ulasannya.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 6 halaman

1. Dinikahi Nadiem Makarim pada 2014

Nadiem Makariem menikahi Franka Franklin pada Juni 2014. Keduanya melangsungkan pernikahan di Pulau Dewata, Bali, dengan konsep garden party yang membuat pasangan ini lebih dekat dengan tamu undangan.

3 dari 6 halaman

2. Dikaruniai Seorang Anak

Dari pernikahannya, Nadiem Makarim dan Franka Franklin dikaruniai seorang anak perempuan yang diberi nama Solara Franklin Makarim.

4 dari 6 halaman

3. Karier

Dikutip dari situs Linkedin miliknya, Franka memulai kariernya pada 2006 di sebuah agensi iklan bernama Tequilla di Singapura. Setelah setahun, ia mendapatkan kesempatan menjadi branding consultant di MakkiMakki dengan fokus pada bidang yang sama.

Franka sempat menghabiskan waktu hampir tiga tahun bergabung dengan online fashion brand ternama berrybenka.com dan menjabat posisi penting sebagai vice president merchandising & business development pada 2017.

5 dari 6 halaman

4. Lulusan Luar Negeri

Franka merupakan lulusan Raffles Design Institute di Singapura. Kampus ini bekerjasama dengan Northumbia Inggris. Kuliah ini dijalani selama 2 tahun di negeri jiran setelah menamatkan kuliah di Hogeschool Rotterdam Belanda selama 2 tahun juga. 

Franka juga pernah ikut dalam Indonesia Mengajar yang digagas Anies Baswedan dan menjabat sebagai specialist communication strategist.

6 dari 6 halaman

5. Bisnis Perhiasan

Franka bersama dua temannya Happy Salma dan desainer Sri Luce Rusna menjalankan bisnis perhiasan.

Kerja sama ketiganya diberi nama Tulola Design. Bisnis perhiasan Franka ini sukses mencuri perhatian pasar dalam dan luar negeri.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kemendikbud Gelar Perayaan Natal Bersama
Artikel Selanjutnya
Kata Pengamat Soal Kemendikbud Bermitra dengan Netflix