Sukses

Sosok Wanita Pejuang di Balik Suksesnya Komedian PASKI Tangerang

Liputan6.com, Jakarta - Melihat perkembangan dunia komedi, kita mengetahui bahwa di situ ada PASKI (Persatuan Seniman Komedi Indonesia) yang sebelumnya diketuai oleh Derry Derajat 4 Sekawan dan sejak 2018 hingga kini diketuai oleh Jarwo Kuat. Melirik lebih luas, di situ ada PASKI Banten yang memiliki sosok wanita luar biasa.

Nova Suzana yang kerap disapa Bunda PASKI Banten atau Bunda Nova, merupakan seorang pekerja seni di balik layar yang menjabat sebagai Ketua pengurus PASKI cabang kota Tangerang sejak 2011. Wanita satu ini mulai mengibarkan Persatuan Seniman Komedi Indonesia yang sukses menghibur masyarakat Tangerang.

Kepengurusan PASKI Tangerang telah mendapat izin dari PaSKI pusat Jakarta dan sudah berjalan selama lebih dari 10 tahun di Tangerang. Para pengurus pada saat itu adalah Idham Cholid sebagai sekretaris PASKI dan bendahara oleh Lilis Herawati.

Setelah Nova Suzana menjabat sebagai ketua PASKI cabang Tangerang menggantikan Yadi Sembako, sekitar tiga tahun perubahan drastis mulai terasa. PASKI semakin dikenal masyarakat luas. Semakin banyak para seniman yang bergabung.

2 dari 3 halaman

Semakin Membaik

Seiring waktu berjalan, perkembangan PaSKI semakin membaik. Mereka bahkan sempat menjadi bagian dalam HUT kota Tangerang dalam Tangerang Expo LAKSA (Lomba Komedi Semua Ajang) di Tangerang City Mall.

Sebagian pengurus PaSKI Banten pernah masuk televisi lokal dan televisi swasta Jakarta. Sedangkan Bunda Nova dahulu adalah pengurus di dewan kesenian kota Tangerang, pengusaha tour and travel, serta rumah produksi.

Lihat saja para tokoh terkemuka dan pesinetron komedian dari anggota paski Tangerang, dimulai dari Cacan Olala, Jejen, Didi Boleh, Tobil Jingkrak, Haji Firman, dan Haji Ogut, merekalah pelawak dan komedian senior yang membuat bangga Bunda Nova.

"Saya pribadi memang bukan pelaku seni tapi saya sangat mencintai seni dan kebudayaan. Makanya saya tertarik ajakan Bang Haji Didi Boleh, Pak Yadi Sembako, dan Pak Haji Aswad, Pak Cacan Olala," terangnya.

3 dari 3 halaman

Mentor

"Pada saat itu, beliau-beliau itu adalah mentor saya di PaSKI berkat. Beliau-beliau itulah yang membuat saya mengenal dunia entertainment dan komedian dan jatuh cinta sampai sekarang," ia melanjutkan.

Pengalaman Bunda Nova selama aktif dan berkarier di organisasi adalah di DKT (Dewan Kesenian Tangerang) sebagai Bendahara, LIB (Laskar Islam Banten) sebagai pengurus divisi Koperasi, PaSKI (Persatuan Seniman Komedi Indonesia) Banten sebagai Ketua Pengurus cabang kota Tangerang, AP2RSI (Asosiasi Pengembang Perumahan Rakyat Indonesia) sebagai Bendahara, NITRO (Ninja Tangerang Organization) sebagai Penasihat.

Ia juga terlibat dalam FORKASI (Forum Komunikasi orang tua anak spesial Indonesia) sebagai Bendahara, KADIN (Kamar Dagang dan Industri), PB SHIA Bandara Soekarno-Hatta sebagai Ketua Tetap Divisi Sub Bidang Tour and Travel, serta owner dari PT.Telenova Gema Persada & Buana Banten Tour and Travel, serta mendirikan PH film Buana Banten.

"Harapan saya agar PaSKI betul-betul sebagai wadah bibit calon penerus komedian indonesia dengan dibimbing para komedian nasional yang hebat-hebat agar ada regenerasi dan tercipta komedian-komedian hebat nantinya," ungkap Bunda Nova.

Loading
Artikel Selanjutnya
JICOMFEST 2019 Tampilkan Persatuan Seniman Komedi Indonesia