Sukses

Dari Via Vallen Hingga Raisa Meriahkan Event Harmoni Pasar Klewer 2018

Pentas musik Harmoni Pasar Klewer 2018 akan dibuka oleh aksi Via Vallen.

Liputan6.com, Solo - Penampilan berbagai artis top Tanah Air mulai dari Via Vallen sampai Glenn Fredly bakal meramaikan acara Harmoni Pasar Klewer 2018 yang disajikan BRI di Solo, Jawa Tengah, pada awal Agustus 2018.

Setiap harinya, mulai pukul 19.00 WIB, para penyanyi papan atas sudah disiapkan untuk tampil. Terdapat 10 penyanyi yang siap menaikkan adrenalin, yakni Raisa, Via Vallen, Tulus, Glenn Fredly, Ipank Lazuardi, sampai Dwiki Darmawan.

Terdapat juga grup musik besar yang namanya tak diragukan, yakni Kahitna, Andra and The Backbone, GAC, hingga Papua Original.

Direktur Konsumer BRI Handayani yang akrab disapa Hanny, dalam sebuah pernyataan, Minggu (15/7/2018), membeberkan bahwa pentas musik akan dibuka oleh aksi Via Vallen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

World Tour Dwiki Darmawan

"Kami masukkan berbagai genre musik. Pokoknya lengkap. Konsernya akan dibuka Via Vallen di malam pertama. Selama dua hari full, malam Solo akan dimeriahkan artis besar," ia menyampaikan.

Harmoni Pasar Klewer juga akan menjadi bagian dari World Tour Dwiki Darmawan. Tahun 2016, Dwiki sukses merilis album Pasar Klewer yang melengkapi koleksi karya Dwiki sejak 1987. Lebih istimewa, album Pasar Klewer mendapat respon besar di pasar dunia.

Pada 2017, album Pasar Klewer mampu menghipnotis sembilan negara, yakni Kazakhstan, Azerbaijan, Tiongkok, Inggris, Austria, Kroasia, Jerman, Bulgaria, sampai Italia. Lalu pada 2018 ini, World Tour digelar di Portugal, Azerbaijan, Ukraina, Laos, dan Selandia Baru.

Hanny menjelaskan, Harmoni Pasar Klewer ini akan menjadi panggung spesial bagi Dwiki Darmawan dan penikmat musik tanah air.

"Kami sajikan sisi lain dari musik. Dwiki Darmawan ini albumnya populer di mancanegara, tapi belum pernah diperdengarkan di sini. Momen penting ini akan tersaji di Harmoni Pasar Klewer. Sebab, album Pasar Klewer akan dibawakan kali pertama di tanah air," jelas Hanny.

3 dari 5 halaman

Lima Sub-event

Nantinya, terdapat lima sub-event yang dihadirkan, yaitu panggung musik, expo, kontes putra-putri Solo, bazar plus permainan anak, hingga instalasi seni.

Event Harmoni Pasar Klewer 2018 merupakan hasil kolaborasi Bank BRI, Java Festival Production, dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Dijanjikan bakal berlangsung kolosal, acara ini akan dihelat di Balai Kota Surakarta, Solo pada 3-4 Agustus 2018 mulai pukul 15.30-24.00 WIB.

"Harmoni Pasar Klewer ini event yang besar. Konsepnya dibuat sangat unik dan menarik. Pengunjung pasti akan sangat terhibur. Selain itu, ada banyak aspek edukatif yang juga bisa didapatkan pengunjung. Pokoknya jangan sampai terlewatkan," ungkap Direktur Konsumer BRI Handayani dalam sebuah pernyataan, Minggu (15/7/2018).

BRI berniat untuk menyampaikan beragam pesan bagi Indonesia lewat acara ini. Konsep musik, tarian, dan ragam kreativitas lain turut menunjuang Harmoni Pasar Klewer 2018. Event ini juga mendorong awareness UMKM hingga muncul value secara komersial.

Harmoni Pasar Klewer juga akan membagi tips cashless society, membiasakan transaksi non tunai dimanapun. Termasuk, pasar tradisional.

 

4 dari 5 halaman

Beragam Produk Unggulan

Harmoni Pasar Klewer juga akan menggelar pameran yang menyajikan beragam produk unggulan di wilayah Solo. Sebut saja aksesoris, busana, hingga kerajinan tangan yang berasal dari berbagai UMKM. Di area ini, nantinya para pengunjung bisa bertransaksi menggunakan Brizzi, MyQR, juga all card milik BRI.

Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar, I Gede Pitana, menilai event ini akan luar biasa, "Harmoni Pasar Klewer ini memang luar biasa. Pengunjung dibiasakan dengan budaya non tunai yang memang sedang gencar dilakukan pemerintah. Hiburan yang ditawarkan juga bagus, apalagi ada expo. Solo ini penghasil aksesoris, busana, dan kerajinan tangan terbaik dengan Pasar Klewer ini sebagai etalasenya."

Asisten Deputi Pemasaran I Regional II Kemenpar Sumarni menambahkan, Festival Kuliner dan Permainan Anak akan semakin melengkapi kegiatan ini. Kuliner yang ditampilkan otentik dan beragam seperti nasi liwet dan sate kere. Ada juga timlo, tengkleng, dawet, juga ronde. Kemeriahan pun berlanjut karena stand kuliner ini dilengkapi permainan. Untuk transaksi di sini, konsep cashless society digulirkan.

"Pengunjung yang datang tidak perlu khawatir. Fasilitas yang disediakan super lengkap. Ada wisata belanja, musik, dan kalau lapar tinggal menuju stand kuliner. Kami optimistis dengan content menarik yang ditawarkan akan menarik pengunjung dalam jumlah besar," kata Sumarni.

 

5 dari 5 halaman

Grand Final Pemilihan Putra-Putri Solo

Ditambahkan Kabid Pemasaran Area I Kemenpar Wawan Gunawan, Harmoni Pasar Klewer akan menjadi venue Grand Final Pemilihan Putra-Putri Solo. Konsep unik bahkan sudah disiapkan untuk memberi kesan berbeda. Lalu, sub event Instalasi Seni akan membuat suasana semakin Instagramable. Agenda ini melibatkan seniman dari Solo dan Yogyakarta. Experience lebih akan didapat karena Seniman Mural Popo akan demo secara live.

"Pengunjung bisa berinteraksi dengan para pekerja seni di Harmoni Pasar Klewer. Aksi Popo ini tentu layak dinanti. Sebab, kita bisa belajar banyak bagaimana cara membuat mural yang baik dan bagus. Hal ini tentu akan jadi pengetahuan baru," Wawan menyampaikan.

Menaburkan kemeriahan dan beragam inspirasi, Harmoni Pasar Klewer diaparesiasi Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar juga menjelaskan, Kota Solo adalah venue terbaik untuk berlibur.

“Kota Solo akan semakin sempurna dengan event ini. Sebab, Solo ini terkenal dengan atraksi, aksesibilitas, dan amenitasnya yang luar biasa. Enjoy Solo," tutup Arief Yahya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.