Sukses

Karisma Si Ratu Horor Suzzanna Curi Perhatian Pakar Film Jepang

Liputan6.com, Jakarta Suzzanna memang telah meninggal sejak tahun 2008 silam. Namun hingga kini, rasanya belum ada aktris yang mampu menggeser gelarnya sebagai Ratu Horor Indonesia.

Pesona sekaligus mimik seramnya, hingga kini masih lekat di ingatan masyarakat. Tak hanya di Indonesia, ternyata seorang pakar Jepang pun tertarik dengan karisma wanita keturunan Jawa-Manado-Jerman-Belanda ini.

Suzanna

Yomota Inuhiko, pakar sinema terkemuka dari Negeri Matahari Terbit ini, akan mengulas perjalanan aktris Malam Satu Suro ini dalam sebuah diskusi yang digelar oleh The Japan Foundation Asia Center pada 11 November mendatang.

Diskusi ini, merupakan kegiatan pendamping dari "Crosscut Asia #03: Colorful Indonesia", program khusus yang memutar film-film Indonesia di Tokyo International Film Festival pada akhir 25 Oktober - 3 November mendatang.

Dalam diskusi ini, disebutkan bahwa Inuhiko akan membedah karisma Suzzanna, lewat video-video langka aktris tersebut.

Dalam pesan yang ditampilkan di situs Japan Foundation, Yomota Inuhiko memberikan pujian atas beragam peran yang pernah dimainkan oleh Suzzanna. "Terkadang sebagai istri setia, penyihir jalang, atau ratu bawah laut, Suzzanna adalah aktris memesona yang tiba-tiba mekar di dunia sinema Indonesia," tulis Inuhiko.

Suzanna

Ia membandingkan karakter Suzzanna dengan Christine Hakim. Bila sosok Christine adalah wajah mewakili sejarah Indonesia, Suzzanna adalah "dewi" yang eksistensinya dilecehkan di dunia, namun bangkit kembali lewat kekuatan mistis

"Lewat sosok Suzzanna, bangkit film-film horor Indonesia legendaris" ujar Inuhiko menambahkan.