Sukses

Sophia Latjuba Tolak Rencana Sekolah Sehari Penuh

Liputan6.com, Jakarta Dunia pendidikan Indonesia saat ini tengah menjadi perbincangan. Penyebabnya, Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy mengemukakan rencana Sekolah Sehari Penuh.

Bila rencana itu terealisasi, maka anak-anak sekolah dari SD hingga SMA akan mulai belajar pukul 07.00 hingga 17.00. Banyak yang mendukung, tapi kalah banyak yang menolak rencana ini.

Muhadjir Effendy menjadi Menteri Pendidikan menggantikan Anies Baswedan (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Salah seorang selebritas terkenal, Sophia Latjuba, menyuarakan penolakannya terhadap rencana Sekolah Sehari Penuh. Kekasih Ariel Noah ini khawatir, rencana tersebut malah akan menjadi beban bagi para murid.

Hal tersebut diutarakan Sophia Latjuba melalui akun Instagram miliknya, sophia_latjuba88. Di Instagram, ibu dua anak itu berkomentar, "Sedih rasanya ada orang yang bertugas membenahi pendidikan justru menilai pendidikan itu menjadi lebih baik kalau ditingkatkan jamnya, bukan kualitasnya."

"Apakah kita mau Indonesia penuh dengan anak-anak yang tidak mempunya kesempatan belajar di waktu senggang di mana anak itu bisa mengeksplorasi dunia sekitarnya dengan sendirinya? Apakah kita mau Indonesia penuh dengan anak-anak dan guru-guru yang stres dan kelelahan?," sambung Sophia Latjuba.

"Dear Mr. President, with all due respect, don't let political agendas interfere with your efforts to make our education system work for the sake of this country's future."

Bunga Citra Lestari saat syuting film 3 Srikandi [Foto: Panji Diksana/Liputan6.com]

Pernyataan Sophia Latjuba langsung ditanggapi beragam oleh pengikutnya di Instagram. Kebanyakan mereka setuju dengan apa yang disampaikan bintang film Rectoverso tersebut. Seperti pemilik akun kartika_absume yang berkomentar: "Bapak kunjungi daerah pelosok pak..lihat sendiri bagaimana fasilitas sekolahnya..lingkungan sekitarnya..jngan hanya lihat sekolah2 di kota2 besar di jawa pak.."

Atau pemilik akun uly_boreg yang memberi komentar, "Anak2 jg butuh jam untuk brmain berkumpul brsama kluarga.. Klo sdh jam 6sore smpe rmh.. dia kelelahan. Ya anak psti lgsg minta istrhat/tidur..nahh.. Kpn lg kbrsamaan brg kluarga itu???? Pndidikan ortu jg prlu lho.. Ga cuma d sekolah.."

Rupanya, pendapat Sophia Latjuba juga disepakati oleh Bunga Citra Lestari. Melalui akun Instagramnya, istri Ashraf Sinclair itu mengepos ulang pernyataan Sophia Latjuba. Sementara penyanyi Rossa melalui Instagramnya mendukung petisi untuk menolak Sekolah Sehari Penuh.

Loading