Sukses

CEO Tim Cook Bertemu Jokowi, Intip Kapitalisasi Pasar Saham Apple

Dalam pertemuannya dengan Jokowi, CEO Apple Tim Cook membahas investasi Apple di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook, menarik perhatian masyarakat di Tanah Air pada Rabu, 17 April 2024 setelah mengunjungi Istana Kepresidenan Jakarta.

Agenda kunjungan Tim Cook ke Jakarta kali ini adalah untuk menghadiri pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam pertemuannya dengan Jokowi, Tim Cook akan membahas investasi perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut di Indonesia.

Tim Cook beserta para pendampingnya tiba di halaman Istana Kepresidenan Jakarta pada pukul 08.55 WIB. Ia datang mengenakan setelan jas biru dengan celana berwarna senada.

Pertemuan CEO Apple Tim Cook dan Jokowi terjadi menyusul langkah oleh Apple untuk memperluas investasinya di kawasan Asia, setelah membuka toko flagship resminya di India, dan baru-baru ini mengungkapkan tertarik untuk berinvestasi di Vietnam.

Melansir laman Nasdaq, Rabu (17/4/2024) saham Apple menurun 3,31% menjadi USD 169,38 hari ini ketika Tim Cook bertemu Jokowi.Kapitalisasi pasar saham Apple saat ini adalah sebesar USD 2,66 triliun.

Menurut majalah bisnis Forbes, Tim Cook memiliki lebih dari 3 juta saham Apple, kurang dari 1% saham; dan telah menjual saham senilai ratusan juta dolar selama bertahun-tahun.

Kekayaan Bos Apple Tim Cook

Forbes mencatat, CEO Apple Tim Cook mengantongi kekayaan senilai USD 2 miliar atau setara Rp 32,4 triliun (asumsi kurs Rp. 16.200 per USD).

Tak hanya perusahaan teknologi, Tim Cook juga menjabat sebagai dewan direksi Nike sejak 2005.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bos Apple Tim Cook Usai Ketemu Jokowi: Kita Investasi

Usai menghadiri pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, CEO Apple Tim Cook mengungkapkan minatnya untuk segera memperluas investasi di Indonesia.

"Saya pikir kemampuan investasi di Indonesia sangat besar. Saya pikir ada banyak tempat yang bagus untuk berinvestasi dan kami berinvestasi, kami percaya pada negara ini," ungkap Tim Cook di Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip Rabu (17/4/2024).

"Indonesia adalah pasar yang sangat penting bagi kami, dan saya mengobrol baik dengan Presiden (Jokowi) tentang komitmennya terhadap negara," tuturnya.

Terkait kemungkinan pembangunan pabrik Apple di Indonesia, Tim Cook mengungkapkan, pihaknya bersedia untuk mempertimbangkan peluang tersebut.

"Kami membahas tentang keinginan Presiden untuk melihat banyak pabrik di negara ini,dan itu adalah sesuatu yang akan kami wujudkan,” bebernya.

Dalam pertemuan Tim Cook dan Jokowi hari ini, pemerintah dan Apple sepakat untuk membuka akademi pengembangan aplikasi ke-4.

"Kami baru mengumumkannya kemarin, yang ini akan berada di Bali. Kami sangat bersemangat karena 3 orang telah tampil, meluluskan ribuan orang dan mampu membuat aplikasi melalui toko aplikasi yang menarik tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri, jadi kami sangat bersemangat," ungkap Tim Cook.

"Ini adalah dialog tentang seberapa besar potensi yang ada di negara ini dan komitmen kita untuk mewujudkannya,” tambah dia.

3 dari 4 halaman

Bos Apple Puji Budaya Indonesia

Dalam kesempatan itu, bos Apple tersebut juga menyampaikan kekagumannya pada Indonesia. Dia mengatakan, dirinya sangat menyukai budaya dan semangat generasi muda di Tanah Air.

"Saya cinta Indonesia, saya suka nuansa di sini, budayanya, saya suka pemudanya, semangatnya, dinamisme lingkungan setempat. Oleh karena itu, saya melihat semua elemen utama negara ini, yang saat ini berjalan dengan baik, akan menjadi lebih baik lagi di masa depan. Saya pikir masa depan sangat cerah," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

CEO Apple Tim Cook Kunjungi Indonesia, Ini Harapan Menperin

Sebelumnya diberitakan, Chief Executive Officer (CEO) perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) Apple yaitu Tim Cook akan mengunjungi Indonesia pada Rabu, 17 April 2024. Seiring kedatangan CEO Apple Tim Cook, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita berharap ada potensi investasi.

"Ya mudah-mudahan. Kalau dengan Apple kita sudah bicara cukup lama. Kita bicara ada kebijakan, saya tidak bilang ini kebijakan khusus. Tapi ada kebijakan yang kita keluarkan untuk Apple,” ujar Agus, Selasa (16/4/2024), seperti dikutip dari Antara.

Agus menuturkan, kebijakan yang diterapkan untuk Apple yakni pengimbangan (offset) Tingkat Komponen Dalam Negeri atau TKDN untuk produk-produk buatan Apple. Ia menambahkan, pihak Apple juga sudah berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dari sisi sumber daya manusia (SDM) dan segi infrastruktur.

"Mereka sudah membentuk tiga, udah mau empat yang disebut dengan Apple Academy yang menurut pandangan saya outputnya cukup baik menghasilkan SDM brainware, menghasilkan inovasi-inovasi untuk aplikasi yang kemudian bisa digunakan di perusahaan-perusahaan lain," tutur Menperin Agus.

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengonfirmasi bahwa Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook akan datang ke Indonesia pada 17 April 2024. "Ya besok, dia akan datang nanti di tanggal 17 (April)," ujar Budi.

Budi Arie menyebutkan, selama mengunjungi Indonesia bos Apple dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Dalam kunjungannya ke Indonesia, menurut dia, CEO Apple salah satunya akan membahas peluang Apple berinvestasi di Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.