Sukses

Dukung Bisnis Diaspora Hong Kong, BNI Biayai Kampung Kita

BNI memberikan fasilitas diaspora loan kepada Kampung Kita, sebuah jaringan toko yang menyediakan produk-produk Indonesia di Hong Kong.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali memperkuat komitmennya dalam menjalankan mandat sebagai bank BUMN yang Go Global dengan menyalurkan fasilitas kredit kepada diaspora wiraswastawan di luar negeri.

Kali ini, BNI memberikan fasilitas diaspora loan kepada Kampung Kita, sebuah jaringan toko yang menyediakan produk-produk Indonesia di Hong Kong.

Kampung Kita telah beroperasi sejak tahun 2013, memudahkan para diaspora Indonesia untuk memperoleh berbagai produk, terutama makanan yang berasal dari Indonesia. Hingga saat ini, Kampung Kita telah memiliki tujuh jaringan toko di Hong Kong.

Penyaluran diaspora loan ini secara simbolis dilakukan oleh Direktur Network & Services BNI Ronny Venir, kepada Pemilik Kampung Kita Phang Tjhung Phin, dalam acara Edukasi Keuangan Bagi Diaspora dan Pekerja Migran Indonesia di Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong pada Sabtu, 24 Februari 2024.

Seremoni tersebut turut disaksikan oleh Konsul Jenderal RI untuk Hong Kong Yul Edison dan Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi.

Yul Edison memberikan apresiasi kepada BNI atas kontribusinya dalam mengakselerasi pertumbuhan bisnis diaspora di luar negeri, khususnya di Hong Kong.

"BNI telah menjadi mitra strategis dari KJRI Hong Kong untuk meningkatkan kesejahteraan Warga Negara Indonesia di luar negeri. Saya berharap penyaluran diaspora loan BNI ini juga dapat berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Yul Edison.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BNI Cabang Hong Kong

Dalam kesempatan yang sama, Ronny Venir menjelaskan, BNI Hong Kong adalah cabang luar negeri BNI yang memiliki full branch license, sehingga dapat memberikan layanan perbankan bagi nasabah korporasi hingga nasabah ritel, termasuk diaspora pengusaha.

"Peran kantor BNI di luar negeri sangat penting sebagai jembatan bisnis antara Indonesia dan dunia. Keberhasilan Kampung Kita adalah bukti bahwa produk-produk Indonesia dapat sukses di pasar internasional. BNI akan terus mendukung ekspansi bisnis Kampung Kita dan bisnis diaspora lainnya," ujar Ronny

BNI melihat potensi besar dari para diaspora yang berbisnis di luar negeri. BNI menginisiasi diaspora loan dengan tujuan memberikan dukungan pembiayaan untuk Indonesia-Related business yang dijalankan oleh Diaspora. 

"Diaspora Loan ini merupakan salah satu langkah BNI dalam menggali potensi bisnis, baik itu dari luar negeri ke Indonesia maupun sebaliknya," ujarnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.