Sukses

Pemerintah Ngotot Jadi Pengendali Vale, Bagaimana Gerak Saham INCO?

MIND ID berencana untuk mengakuisisi sisa saham divestasi INCO sebesar 20 persen.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID menegaskan komitmennya untuk menjadi pemegang saham pengendali PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Dalam upaya tersebut, MIND ID berencana untuk mengakuisisi sisa saham divestasi INCO sebesar 20 persen, yang merupakan persyaratan bagi INCO untuk mengubah status kontrak karya (KK) menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK).

Dengan demikian, MIND ID akan memiliki 40 persen saham INCO, sementara Vale Canada Limited dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. masing-masing akan memiliki 30 persen saham INCO.

Menyusul kabar tersebut, saham INCO terpantau berada di zona hijau pada perdagangan hari ini, Kamis 6 Juli 2023. Hingga penutupan sesi I, saham INCO naik 0,40 persen ke posisi 6.380. INCO dibuka pada posisi 6.325 dan bergerak pada rentang 6.350-6.425.

Melansir data RTI, frekuensi perdagangan saham INCO tercatat sebanyak 1.206 kali. Volume saham yang ditransaksikan yakni 2,16 juta lembar senilai Rp 13,74 miliar.

Dalam sepekan, harga saham INCO naik 0,79 persen. Sedangkan dalam satu tahun terakhir, saham INCO terkoreksi 11,81 persen.

Adapun saat ini, mayoritas saham INCO dimiliki oleh Vale Canada Limited dengan porsi 43,79 persen.

Disusul MIND ID dengan porsi 20 persen, Sumitomo Metal Mining Co., Ltd 15,03 persen, dan sisanya 21,18 persen merupakan kepemilikan publik.

Komitmen MIND ID untuk menjadi pemegang saham pengendali INCO itu didorong oleh tujuan untuk memastikan kebijakan dan strategi bisnis INCO sejalan dengan kepentingan nasional.

Kepala Divisi Institutional Relations MIND ID Selly Adriatika mengatakan, komitmen tersebut juga merupakan salah satu upaya MIND ID meningkatkan nilai tambah dari produksi nikel INCO dengan mengembangkan industri hilir nikel di Indonesia.

"Kami tetap berkomitmen agar mayoritas saham INCO menjadi bagian dari konsolidasi di Indonesia. Kami yakin bahwa dengan menjadi pemegang saham pengendali INCO, kami dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pembangunan industri pertambangan dan mineral di Indonesia, terutama dalam sektor nikel," kata Selly, dikutip Kamis (6/7/2023).

Meskipun begitu, MIND ID tetap mendukung kebijakan yang akan ditetapkan oleh pemerintah terkait INCO. Mereka meyakini bahwa keputusan yang diambil akan mengutamakan kepentingan bangsa dan tetap mempertahankan kedaulatan Indonesia dalam pengelolaan tambang di Tanah Air.

MIND ID akan terus melakukan negosiasi dengan pemerintah dan pihak-pihak terkait untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dan mematuhi peraturan yang berlaku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MIND ID adalah salah satu holding industri pertambangan di Indonesia.

    Mind Id

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • INCO

  • nikel

Video Terkini