Sukses

Profil Adrianto Djokosoetono, Suami Titi Rajo Bintang Kini Jabat Direktur Utama Blue Bird

RUPST PT Blue Bird Tbk (BIRD) menyetujui pengangkatan Adrianto (Andre) Djokosoetono sebagai Direktur Utama. Adrianto Djokosoetono menggantikan Sigit Djokosoetono.

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Blue Bird Tbk (BIRD) menyetujui pengangkatan Adrianto (Andre) Djokosoetono sebagai Direktur Utama. Ia menggantikan Sigit Djokosoetono yang kini mengisi posisi sebagai Wakil Direktur Utama perseroan.

"Penunjukkan Andre sebagai Direktur Utama sejalan dengan berakhirnya masa jabatan Sigit yang telah berhasil membawa Bluebird kembali mencatatkan kinerja bisnis yang gemilang dalam era yang penuh tantangan, khususnya pada masa pandemi Covid-19 yang tidak terduga," ungkap Head of Corporate Communications PT Blue Bird Tbk, Emeralda dalam keterangan resmi, Senin (26/6/2023).

Bersamaan dengan itu, pemegang saham menyetujui penunjukan Bayu Priawan Djokosoetono sebagai Komisaris Utama dan Sri Adriyani Lestari sebagai Wakil Komisaris Utama PT Blue Bird Tbk.

Adrianto Djokosoetono melanjutkan tongkat kepemimpinan untuk membawa pengalaman puluhan tahunnya di bidang transportasi, terutama dalam inovasi, transformasi, teknologi, dan niaga yang dipercaya akan mendorong penyegaran strategi perusahaan menghadapi kompleksitas tantangan ke depan.

"Andre akan melanjutkan agenda transformasi Bluebird dalam konsep bisnis Mobility as a Service (MaaS) melalui kemitraan strategis demi menjaga relevansi Bluebird dalam situasi yang dinamis termasuk kolaborasi dan koopetisi dengan penyedia layanan superapps, serta merangkul operator transportasi lokal melalui inisiatif Kawan Bluebird," imbuh Emeralda.

Melansir laman resmi perseroan, suami artis Titi Rajo Bintang itu memperoleh gelar sarjana Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung di 2000 dan gelar Master of Business Administration dari Bentley College, Massachusetts, Amerika Serikat pada 2003.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjalanan Karier

Bergabung dengan Perseroan sebagai Team Project SAP (2003-2005) dan IT Manager (2005-2006), Andre juga pernah menjadi Ketua Unit Taksi Organda DKI Jakarta (2007-2013).

Saat ini, ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Iron Bird Transport sejak 2003, PT Irdawan Multitrans sejak 2011, PT Big Bird Pusaka , PT Cendrawasih Pertiwijaya, dan PT Pusaka Andalan Perkasa sejak 2012, dan PT Morante Jaya sejak 2013.

Posisi Direktur juga dipegangnya di PT Pusaka Prima Transport sejak 2001, PT Pusaka Integrasi Mandiri sejak 2008, PT Global Pusaka Solutions sejak 2009, PT Luhur Satria Sejati Kencana sejak 2012 dan PT Lintas Buana Taksi sejak 2013. Andre juga merupakan Komisaris di PT Central Naga Europindo sejak 2001, PT Pusaka Bumi Mutiara sejak 2010, PT Golden Bird Bali sejak 2012 dan juga tergabung dalam Dewan Pertimbangan DPP ORGANDA DKI Jakarta untuk periode 2013-2018.

 

3 dari 3 halaman

Selain Tebar Dividen Rp 180 Miliar, RUPST Blue Bird Ganti Direktur Utama

PT Blue Bird Tbk (BIRD) telah merampungkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Senin 26 Juni 2023. Pada rapat tersebut, pemegang saham menyetujui perseroan menyepakati pembagian dividen sebesar Rp 180 miliar.

Head of Corporate Communications PT Blue Bird Tbk, Emeralda menuturkan, dividen itu atau setara dengan lebih dari 50 persen dari laba bersih tahun buku 2022, yang akan diberikan kepada pemegang saham tercatat pada 7 Juli, dan akan dibayarkan pada 21 Juli.

BACA JUGA:Perusahaan Gagal Bayar dan Bangkrut Melonjak di AS Imbas Suku Bunga The Fed

"Pembagian dividen ini merupakan bentuk penghargaan atas Loyalitas pemegang saham termasuk kepada lebih dari 5.000 pengemudi dan karyawan yang memiliki Employee Stock Ownership Plans (ESOP) pada awal IPO Blue bird serta setia mendukung Bluebird dalam menghadapi berbagai tantangan, terutama selama pandemi," kata Emeralda dalam keterangan resmi, Senin (26/6/2023).

Sapanjang 2022, perseroan membukukan laba tahun berjalan sebesar Rp 364,03 miliar, naik dari tahun sebelumnya sebesar Rp 8,72 miliar.

Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 348,29 miliar Raihan itu naik signifikan dibanding tahun sebelumnya yang hanya tercatat Rp 7,7 miliar. Sehingga laba per saham dasar juga naik menjadi Rp 143 dari tahun sebelumnya Rp 3 per lembar.

Perubahan Manajemen

Selain pembagian dividen, rapat menyetujui pengangkatan Adrianto (Andre) Djokosoetono sebagai Direktur Utama, menggantikan Sigit Djokosoetono yang kini mengisi posisi sebagai Wakil Direktur Utama perseroan.

"Penunjukkan Andre sebagai Direktur Utama sejalan dengan berakhirnya masa jabatan Sigit yang telah berhasil membawa Bluebird kembali mencatatkan kinerja bisnis yang gemilang dalam era yang penuh tantangan, khususnya pada masa pandemi Covid-19 yang tidak terduga," ungkap Emeralda.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini