Sukses

Fakta-Fakta Menarik CEO Tesla Elon Musk yang Mungkin Jarang Diketahui Publik

Selain kaya, CEO Tesla Elon Musk juga cukup sering menuai kontroversi. Ia dikenal sebagai sosok yang blak-blakan dan mencolok di sebagian perusahaan miliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk adalah CEO yang blak-blakan dan karismatik, peran yang jarang terlihat mencolok di sebagian besar perusahaan. Elon Musk ikut mendirikan enam perusahaan termasuk pembuat mobil listrik Tesla, produsen roket SpaceX, dan startup Boring Company. Tahun lalu, Musk juga merampungkan akuisisi Twitter.

Selain kaya, Musk juga dikenal sebagai orang yang cukup sering menuai kontroversi melalui beberapa cuitannya di Twitter. Termasuk unggahan mengenai crypto dogecoin dengan jargon ‘to the moon’. Namun terlepas dari itu, ada hal-hal yang mungkin tidak Anda ketahui mengenai. Melansir, Financebuzz, berikut fakta menarik Elon Musk:

1. Hampir menjual Tesla ke Google

Pada saat yang sulit dalam sejarah Tesla, Musk pernah menghubungi CEO Google Larry Page dan menawarkan untuk membeli Tesla. Keduanya dikabarkan setuju untuk melakukan transaksi pada 2013 senilai USD 6 miliar. Namun belakangan diketahui transaksi itu tidak pernah terwujud.

2. Keluar dari Stanford

Musk bertahan dua hari di Stanford sebelum putus sekolah. Awalnya dia berniat untuk mengejar gelar doktor di bidang fisika. Sebaliknya, dia meninggalkan sekolah untuk memulai perusahaan pertamanya, Zip2, yang dia jual empat tahun kemudian dengan harga lebih dari USD 300 juta.

3. Memiliki Mobil James Bond

Pada 2013, Musk membeli Lotus Esprit seharga hampir USD 1 juta. Kenapa sangat banyak? Karena itu adalah versi tahun 1976 yang telah diperbaiki menjadi mobil bawah air (underwater car) untuk James Bond dalam film "The Spy Who Loved Me". Musk kemudian mengakui dia menggunakan mobil tersebut sebagai inspirasi saat mendesain Tesla Cybertruck miliknya.

4. Punya Banyak Anak

Musk memiliki tujuh anak, lima dengan mantan istrinya, Justine, dan dua dengan musisi Grimes. Dia juga memiliki seorang putra, Nevada, yang meninggal karena SIDS pada 2002. Dalam sebuah wawancara dengan "The Wall Street Journal" pada 2021, dia mengatakan peradaban akan runtuh jika orang tidak memiliki anak lagi.

“Saya mencoba memberikan contoh yang baik. Ya. Harus mempraktekkan apa yang saya khotbahkan,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bintangi Film dan Jadi Orang Terkaya

5. Membintangi Film dan Acara TV

Musk memiliki laman IMDb. Cameo pertamanya adalah Iron Man 2 yang rilis pada 2010, dan dia bermain sendiri di TV, The Big Bang Theory. Dan jika live-action bukan kesukaan Anda, Musk juga menjadi versi kartun dirinya di "The Simpsons", "South Park", dan "Rick and Morty".

6. Memberikan Inspirasi untuk Tony Stark

Ketika Robert Downey Jr sedang mempersiapkan perannya sebagai Tony Stark dalam Iron Man, dia bertandang ke Musk untuk mendapatkan inspirasi.

Kedua pria itu bertemu dan Musk membantu Downey menambahkan beberapa tingkah laku ke versinya tentang Stark yang membuat filmnya lebih menarik.

7. Lahir di Afrika Selatan

Musk lahir di Afrika Selatan dan tinggal di sana sampai dia berusia 17 tahun. Keluarganya kemudian pindah ke Kanada, dan dia memulai karir kuliahnya di Universitas Queen di Kingston, Ontario.

8. Dia dulu bekerja di PayPal

Musk ikut mendirikan X.com, sebuah bank online yang bergabung dengan perusahaan lain untuk membentuk PayPal. Perusahaan ecommerce eBay membeli PayPal pada tahun 2002 seharga USD 1,5 miliar. Musk, yang merupakan salah satu pemegang saham terbesar PayPal, menghasilkan setidaknya USD 175 juta dari kesepakatan itu.9. Dia orang terkaya di dunia

Usaha Musk telah membuatnya sangat, sangat kaya. Dia saat ini duduk di atas daftar orang terkaya di dunia, dengan perkiraan kekayaan lebih dari USD 197,7 miliar, berada di posisi ke dua versi Forbes.

3 dari 4 halaman

Bukan Pendiri Tesla

10. Musk Bukan Pendiri Tesla

Usaha Musk yang paling sukses mungkin adalah Tesla, tetapi perusahaan itu bukanlah idenya. Martin Eberhard dan Marc menjadi tokoh penting dalam pendirian Tesla pada 2003, dan membawa Musk beserta uangnya setahun kemudian. Musk menginvestasikan USD 6,35 juta dalam putaran pertama pendanaan ventura Tesla pada 2004. Dia sekarang menjadi CEO perusahaan.

11. Menggunakan uang PayPal-nya untuk Merintis SpaceX

Musk menciptakan SpaceX pada tahun 2002 dan perusahaan kedirgantaraan itu sekarang meluncurkan pesawat ruang angkasa ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan perbekalan dan astronot.Musk dapat memulai perusahaan dengan USD 100 juta yang diperolehnya saat eBay mengakuisisi PayPal.

12. Musk Mengilhami Penciptaan Perusahaan Energi Matahari

SolarCity didirikan pada 2006 oleh dua sepupu Musk, Peter dan Lyndon Rive, dan Musk menginvestasikan USD 10 juta ke dalam perusahaan sejak dini. Dia juga memegang kursi di dewan perusahaan. Tesla akhirnya mengakuisisi perusahaan surya tersebut pada tahun 2016 seharga USD 2,6 miliar dan mengganti namanya menjadi Tesla Energy.

13.Menamai putranya dengan karakter buku komik

Putra Musk, Xavier, terinspirasi dari karakter buku komik Profesor Xavier dari Marvel's X-Men. "Salah satu putraku bernama Xavier, diambil dari nama Profesor X!" dia mengkonfirmasi dalam tweet pada 2017.

4 dari 4 halaman

14. Mengidap Sindrom Asperger

dengan karakteristik seperti fokus mendetail pada topik yang diminati dan kesulitan dalam interaksi sosial. Pada 2022, dia menggambarkan tumbuh dengan sindrom tersebut, "Saya pikir pengalaman setiap orang akan sedikit berbeda, tetapi bagi saya, isyarat sosialnya tidak intuitif. Saya sangat kutu buku dan saya tidak mengerti ini.”

15. Ibunya adalah seorang model Maye

Musk saat ini adalah seorang model dan memiliki perbedaan sebagai model sampul baju renang "Sports Illustrated". Dia juga model untuk merek makeup Covergirl.

16. Tidak mengambil gaji di Tesla

Kekayaan Musk didasarkan pada saham dan kepemilikannya atas perusahaan. Menurut pernyataan perusahaan, dia tidak menerima gaji dalam bentuk tunai.

17. Membuat video game

Saat Musk berusia 12 tahun, dia menciptakan video game Blastar. Dia akhirnya menjualnya ke majalah komputer pada tahun 1984 seharga USD 500.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.