Sukses

Masa Penawaran Umum GoTo Berakhir Hari Ini 7 April 2022, Minat Beli?

IPO GoTo sebagai IPO terbesar ketiga di Asia dan kelima di dunia sepanjang 2022.

Liputan6.com, Jakarta -  PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) menetapkan harga perdana Rp 338 per saham dalam rangka penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO). Harga saham yang ditawarkan GoTo itu berada di batas tengah dari harga yang ditawarkan Rp 316-Rp 346 per saham.

Dengan demikian, harga saham yang ditetapkan itu mencerminkan kapitalisasi pasar yang diprediksi Rp 400,3 triliun atau USD 28 miliar. Analis menilai, harga tersbeut cukup murah.

"Murah harga segitu. Tapi memang lembar saham yang dijual banyak. Sehingga secara persentase sangat kecil kepemilikan saham di antara jumlah saham yang ada,” kata  Direktur Eksekutif ICT Institute, Heru Sutadi kepada Liputan6.com, ditulis Kamis (7/4/2022).

GoTo menawarkan sebanyak 46,7 miliar saham baru Seri A, yang merupakan gabungan antara saham baru yang diterbitkan dan saham tresuri (untuk opsi penjatahan lebih). Dengan demikian, total perolehan dana IPO diperkirakan Rp 15,78 triliun. Hal ini menjadikan IPO GoTo sebagai IPO terbesar ketiga di Asia dan kelima di dunia sepanjang 2022.

Kepala Center of Innovation and Digital Economy Indef, Nailul Huda menilai, GoTo telah mempelajari naik turunnya harga saham industri digital di tingkat global.

“Makanya saya lihat harga awalnya tidak setinggi Bukalapak. Artinya adalah tidak seoptimis Bukalapak untuk mendapatkan tambahan modal namun mencoba realistis dengan keadaan pasar yang memang belum sebaik yang diharapkan,” kata Huda saat dihubungi secara terpisah.

Di sisi lain, nilai valuasi yang tinggi belum dapat mengerek harga saham secara optimal. Faktor belum meratanya pemahaman mengenai future value dari perusahaan teknologi yang memang diperhatikan dalam IPO perusahaan teknologi, bukan pada keadaan keuangan untuk saat ini.

"Makanya saya rasa GoTo pasti akan menjadikan Bukalapak sebagai benchmarking terhadap harga saham IPO GoTo,” imbuhnya.

Untuk itu, investor perlu memperhatikan berbagai indikator persaingan di dalam bisnis ekonomi digital, bisa dari GMV atau nilai valuasi-nya. Demikian pula dengan rencana setelah IPO dari Gojek maupun Tokopedia akan seperti apa ke depan, baik dari sisi bisnis maupun teknologi.

"Bisnis teknologi ini bisnis future value, di mana asetnya lebih bersifat intangible asset bukan tangible asset. Makanya asetnya berupa teknologi apa yang dipersiapkan ke depan untuk bisa bersaing dengan perusahaan digital lainnya. Makanya harusnya cocok bagi investor yang adaptif dengan teknologi di generasi milenial dan generasi Z,” kata Huda.

Mengutip prospektus perseroan, masa penawaran umum perdana saham GoTo Gojek Tokopedia berakhir pada Kamis, 7 April 2022. Perseroan menggelar masa penawaran umum pada 1-7 April 2022. Tanggal penjatahan pada 7 April 2022, distribusi saham secara elektronik pada 8 April 2022, dan pencatatan pada 11 April 2022.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Gotong Royong

Sebelumnya, seminggu menjelang hari pencatatan sahamnya di Bursa Efek Indonesia, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) ekosistem digital terbesar di Indonesia, menyediakan dana hingga Rp310 miliar  khusus untuk para mitra pengemudi di ekosistem GoTo. 

Kemudian, untuk mitra pengemudi di Indonesia, dana tersebut digunakan untuk Program Saham Gotong Royong. Perusahaan memberikan saham secara cuma-cuma kepada seluruh mitra pengemudi setia dan memenuhi syarat di Indonesia. 

“Merupakan impian kami sejak awal untuk bisa membawa para mitra di ekosistem kami turut merasakan manfaat ketika kami melakukan IPO. Oleh karena itu, melalui Program Saham Gotong Royong ini, GoTo ingin memberikan apresiasi kepada para mitra pengemudi yang telah turut bekerja sama membangun ekosistem GoTo dari awal dan telah setia bersama kami di pasang surut perjalanan Perusahaan,”  kata CEO Grup GoTo Andre Soelistyo melalui keterangan resmi, ditulis Selasa, 5 April 2022.

Dia juga menambahkan, GoTo ingin setiap orang dalam ekosistem GoTo dapat menikmati buah kesuksesan mereka dan terus bersama-sama mendorong kemajuan dalam jangka panjang serta di saat yang sama meningkatkan dampak sosial yang telah diciptakan bersama.

Dalam Program Saham Gotong Royong ini, penerima manfaat program mencakup berbagai kriteria mitra pengemudi, mulai dari mitra driver GoRide, GoCar, GoSend, GoFood, dan GoBox.

Kriteria mitra pengemudi dalam program tersebut ditentukan berdasarkan beberapa faktor, di antaranya durasi kemitraan dan status aktif mitra pengemudi. Hampir seluruh mitra pengemudi aktif di Indonesia akan berkesempatan untuk mengikuti program ini.  

Sementara itu, untuk mitra pengemudi yang telah terdaftar sebagai mitra sejak tahun 2010 hingga 2016 akan berkesempatan menerima 4.000 lembar saham seri A GoTo. Sedangkan mitra pengemudi yang terdaftar sejak 2017 hingga Februari 2022 berkesempatan untuk menerima 1.000 lembar saham seri A. 

“Saham tersebut akan diterima oleh mitra pengemudi setelah berakhirnya delapan bulan periode lock-up dihitung sejak  pernyataan pendaftaran IPO GoTo telah dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan OJK Nomor 22/POJK.04/2021. GoTo telah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK pada tanggal 30 Maret 2022 lalu,” lanjut Andre.

3 dari 3 halaman

Mitra Pengemudi Vietnam dan Singapura

Secara terpisah, sesuai aturan yang berlaku, para mitra pengemudi di Singapura dan Vietnam juga akan menerima bentuk apresiasi secara tunai. 

Tak hanya itu, untuk meningkatkan literasi keuangan para mitra pengemudi, GoTo juga akan menggandeng para pakar keuangan dan investasi untuk memberikan pengenalan dan pelatihan tentang pengelolaan keuangan dan investasi. Materi pelatihan tersebut dapat juga diakses di fitur Tips Pintar di aplikasi GoPartner. 

Bahkan, Program Saham Gotong Royong GoTo menjadi salah satu program kepemilikan saham paling inklusif di dunia saat ini.

Skema kepemilikan saham yang inklusif dan unik ini tidak hanya memungkinkan mitra pengemudi di Indonesia untuk menerima manfaat ekonomi bebas biaya dari IPO GoTo, namun juga mengikutsertakan mitra pedagang dan konsumen. 

Mitra pedagang dan konsumen GoTo yang setia juga telah mendapatkan akses prioritas untuk memesan saham GoTo melalui alokasi saham tetap (fixed allocation) selama masa penawaran awal (bookbuilding) yang telah berlangsung dari tanggal 15-24 Maret 2022 lalu. 

Selain itu, perusahaan juga memungkinkan semua karyawan tetap untuk menjadi pemegang saham guna membantu mendorong budaya ‘mentalitas pemilik’, sejalan dengan Program Rencana Insentif Jangka Panjang Perusahaan yang bertujuan untuk menarik dan menghargai talenta berkinerja tinggi sejak perusahaan didirikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.