Sukses

Penambangan Bitcoin Telah Pulih dari Tindakan Keras China

Liputan6.com, Jakarta - Penambangan Bitcoin telah benar-benar pulih dari tindakan keras China. Pemulihan diukur dengan melihat hashrate, istilah yang digunakan untuk menggambarkan kekuatan komputasi semua penambang di jaringan bitcoin.

China telah lama menjadi pusat industri ini, dengan perkiraan sebelumnya menunjukkan 65 persen hingga 75 persen penambangan bitcoin dunia terjadi di sana. Namun, setelah Beijing secara efektif mengusir penambang cryptocurrency di negara itu pada Mei, lebih dari 50 persen hashrate bitcoin turun dari jaringan global.

Pada Jumat, data dari Blockchain.com menunjukkan jaringan telah sepenuhnya mengurangi kerugian tersebut. Hashrate jaringan naik sekitar 113 persen dalam lima bulan.

"Bitcoin bertahan dari serangan negara-bangsa China yang benar-benar melarang penambangan, dan jaringan mengabaikannya," kata Kevin Zhang dari perusahaan mata uang digital Foundry, yang membantu membawa lebih dari USD 400 juta peralatan penambangan ke Amerika Utara.

Momentum kenaikan dalam hashrate mungkin menjadi pertanda baik untuk harga cryptocurrency paling populer di dunia, yang turun 30 persen selama sebulan terakhir.

Ketika separuh jaringan bitcoin menjadi gelap selama musim semi ini, banyak ahli mengatakan bahwa penambang akan kembali online di Amerika Utara. Banyak prediksi juga dibuat tentang timeline untuk mengembalikan jaringan ke level tertinggi sebelumnya. Tidak ada yang mengira kondisi ini akan membaik di akhir 2021.

"Saya pikir kami akan berada di sini sekitar akhir Januari atau awal Februari," ujar Penambang dan insinyur bitcoin Texas Marshall Long, dilansir dari CNBC, Sabtu (11/12/2021).

Sementara menurut Kevin Zhang dari perusahaan mata uang digital Foundry, pemulihan cepat jaringan bitcoin terjadi karena AS meletakkan dasar untuk menjadi kiblat baru untuk penambangan. Zhang mengatakan bahwa di Amerika Serikat.

"Ada nafsu besar untuk pertumbuhan, membangun infrastruktur, dan memanfaatkan kekuatan yang terdampar,” kata Zhang.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

AS Jadi Tujuan

Perusahaan di AS. telah diam-diam meningkatkan kapasitas hosting mereka selama bertahun-tahun. Bertaruh jika infrastruktur yang memadai tersedia, penambang akan mendirikan toko di AS ketika waktunya tepat. Ketika bitcoin jatuh pada akhir 2017 dan pasar yang lebih luas memasuki musim dingin crypto multi-tahun, tidak ada banyak permintaan untuk penambangan bitcoin dalam skala besar.

"Penambang besar yang diperdagangkan secara publik mampu mengumpulkan modal untuk melakukan pembelian besar,” kata Mike Colyer, CEO Foundry.

Meskipun pandemi global menutup sebagian besar ekonomi, stimulus pemerintah terbukti menguntungkan bagi perusahaan pertambangan AS.

"Semua pencetakan uang selama pandemi berarti perlu lebih banyak modal untuk dikerahkan,” kata insinyur penambangan bitcoin Brandon Arvanaghi.

"Orang-orang mencari tempat untuk memarkir uang mereka. Keinginan untuk investasi skala besar tidak pernah sebesar ini. Banyak dari itu kemungkinan besar ditemukan dalam operasi penambangan bitcoin di tempat-tempat di luar China,"lanjut Arvanaghi.

Pertaruhan itu membuahkan hasil. Data dari Universitas Cambridge menunjukkan AS sekarang menjadi tujuan nomor satu bagi penambang bitcoin, melampaui China untuk pertama kalinya.

 

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe
    Saham
  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.
    Bitcoin
  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    China
  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.
    Kripto
  • Harga Kripto
  • aset kripto