Sukses

ETF Bitcoin Berjangka Pertama di AS Bakal Mulai Diperdagangkan

Liputan6.com, Jakarta - ETF bitcoin berjangka dari ProShare mulai diperdagangkan mulai pekan ini. Hal itu seiring perseroan mengubah pengajuan yang ditunjukkan pada Jumat malam, 15 Oktober 2021.

Dengan demikian, hal ini menandai momen penting dalam pengembangan industri kripto di Amerika Serikat (AS).

The Securities and Exchange Commission atau Komisi Sekuritas dan Bursa AS belum secara resmi menyetujui pengadaan ETF bitcoin berjangka pada Jumat sore, 15 Oktober 2021.

Lembaga pemerintah itu tidak membuat pernyataan resmi pengajuan tersebut. Akan tetapi, pengumuman ProShares mendindikasikan otoritas sekuritas dan bursa tidak memblokir listing.

NYSE Arca pada Jumat sore pekan lalu mensertifikasi persetujuan dan pencatatan ETF bitcoin. Artinya potensi investor memperdagangkan ETF tersebut di bursa. Sebagaimana diizinkan undang-undang federal meski tanpa intervensi SEC. ETF akan memulai melakukan perdagangan pekan depan. Jika tidak ada revisi dari regulator.

ETF Strategi Bitcoin ProShares akan memberikan eksposur ke kontrak berjangka bitcoin. ETF diperdagangkan di bawah ticker "BITO".

Tanggal yang diusulkan untuk listing adalah Senin, 18 Oktober 2021. Itu belum berarti saat itu juga mulai dibuka penawarannya. Bisa saja nanti setelah satu minggu. ProShare menolak untuk berkomentar terkait kapan ETF bitcoin memulai di bursa.

Pelaku pasar pendukung kripto telah mendorong regulator setujui ETF bitcoin selama bertahun-tahun. Kehadirannya diharapkan pelaku pasar dapat membawa investor ke dalam uang digital.

Antisipasi listing ETF meningkatkan harga bitcoin dalam sepakan terakhir. Aset kripto melonjak lebih dari 10 persen dan harganya di atas USD 61 ribu atau Rp 859,2 juta pada Jumat sore, 15 Oktober 2021.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

ETF Bitcoin di AS

Setidaknya dua perusahaan, Invesco dan Valkyrie, mengajukan permohonan untuk meluncurkan ETF serupa yang dapat melangkah ke pasar seperti ProShares.

Persetujuan ETF berjangka untuk bitcoin akan dilihat hanya sebagai kemenangan parsial oleh beberapa komunitas kripto. Penilaian ini karena prospek dana serupa yang melacak harga titik pasar bitcoin masih belum jelas.

ETF, yang merupakan singkatan dari Exchange-Traded Fund merupakan aset yang diperdagangkan di pasar terbuka seperti saham dan terbuka untuk investor reguler.

Beberapa perusahaan, seperti Grayscale, sudah memiliki produk yang menawarkan eksposur ke bitcoin. Meskipun mereka hanya tersedia untuk investor kaya yang memenuhi syarat atau di pasar bebas. Saham sering diperdagangkan dengan harga yang tidak sesuai dengan mata uang kripto yang mendasarinya. 

 

Reporter: Ayesha Puri

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe
    Saham
  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.
    Bitcoin
  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.
    Kripto
  • ETF Bitcoin