Sukses

Gandeng FTSE Russell, Indo Premiers Rilis Reksa Dana ETF

Sejak 2014, Indo Premiers Investment Management melalui Reksa Dana Premier ETF Sri-Kehati (XISR) telah menjadi pelopor instrumen investasi ETF ESG.

Liputan6.com, Jakarta - PT Indo Premiers Investment Management (IPIM) kembali meluncurkan produk exchange traded fund (ETF) baru bekerja sama dengan FTSE Russell.

ETF ini adalah reksa dana indeks premier ETF FTSE Indonesia ESG dengan kode perdagangan XIFE. Adapun ETF atau produk reksa dana bursa yang unit penyertaannya (UP) dapat diperdagangkan setiap saat selama jam perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Sebagai pengelola RD ETF terbesar di Indonesia, kami terus menggali ide-ide produk baru yang memberikan kemudahan bagi investor. Tidak hanya mudah dalam pelaksanaan eksekusinya namun juga memberikan kemudahan bagi investor dalam penyusunan portfolio mereka menggunakan ETF-ETF yang kami sediakan karena strategi tiap-tiap ETF kami yang mudah dimengerti dan mudah dipantau. Reksa Dana Indeks Premier ETF FTSE Indonesia ESG merupakan ETF ke-14 yang kami luncurkan," ujar Direktur  IPIM, Noviono Darmosusilo, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (25/3/2021) seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Di tengah kondisi pasar yang sangat dinamis seperti saat ini, ETF dapat dijadikan alternatif instrumen investasi yang tepat oleh investor yang mampu memberikan hasil pasar yang konsisten dengan dinamika resiliensi pasar yang terjadi sampai kurun waktu saat ini.

Ia menuturkan,  terbukti dari keunggulan komparatif yang membedakan ETF dengan reksa dana konvensional adalah transparansi, efisiensi dan fleksibilitas.

Instrumen ETF memberikan transparansi maksimal dari isi portofolionya serta memberikan keleluasaan bagi investor untuk bertransaksi setiap saat sepanjang jam bursa. Sehingga, instrumen investasi ETF mampu berkembang dalam pasar modal Indonesia yang semakin kompetitif dan dinamis.

Tidak hanya oleh karena keunggulan komparatif ETF sebagai instrumen investasi, tetapi juga ETF berada di garda depan dalam penerapan prinsip-prinsip etika bisnis yang transparan dalam industri pengelolaan investasi. Hal ini sejalan dengan prinsip ESG – environmental, social, dan governance dalam berinvestasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelopor ETF

Direktur PT Indo Premier Investment, Noviono Darmosusilo mengungkapkan, sejak 2014 IPIM melalui Reksa Dana Premier ETF Sri-Kehati (XISR) telah menjadi pelopor instrumen investasi ETF ESG pertama di Asia Tenggara yang ternyata mampu memberikan kinerja investasi yang kompetitif terhadap pasar.

Hal ini, dan juga tren secara global, tentunya meningkatkan minat investor untuk berinvestasi dengan wawasan ESG di Indonesia.

Kali ini, IPIM bekerja sama dengan penyedia indeks global, FTSE Russell, meluncurkan Reksa Dana Indeks Premier ETF FTSE Indonesia ESG yang menggunakan indeks FTSE Indonesia ESG sebagai acuan investasi.

 Direktur IPIM, Suwito Haryatno menuturkan, hanya dengan satu klik atau satu order, investor dapat memiliki portofolio 32 saham unggulan berfundamental baik dan mempertimbangkan aspek ESG.

"Kinerjanya pun mampu melebihi kinerja imbal hasil indeks LQ45 dan IHSG sejak tanggal dasar indeks 22 Juni 2015 Dengan demikian, investor dapat meningkatkan atau menurunkan porsi saham bertema faktor ESG ini dengan cepat secara mudah sesuai dengan strategi investasi yang investor ingin terapkan, baik berupa tactical asset allocation maupun buy and hold strategy," ujar dia.

Dalam peluncuran produk ini IPIM kembali menggandeng Deutsche Bank AG, cabang Jakarta sebagai Bank Kustodian dan PT Indo Premier Sekuritas sebagai Dealer Partisipan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.