Sukses

Ingin Mulai Investasi? Simak Dulu Tips Ini

Risiko investasi akan selalu ada di dalam setiap produk pilihan investasi. Namun jangan khawatir, risiko investasi bisa diminimalkan dengan cara menerapkan strategi investasi yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan pengelolaan keuangan berupa investasi, kini tengah digandrungi generasi muda. Generasi muda mulai menyadari pentingnya memiliki perencanaan keuangan untuk masa yang akan datang. 

Dengan berinvestasi, ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan. Salah satunya dapat membantu dalam mempersiapkan situasi terdesak. Ketika Anda investasi, sebaiknya Anda tak hanya siap menerima keuntungan investasi saja, tapi juga harus paham dan siap dengan risiko investasi. 

Risiko investasi akan selalu ada di dalam setiap produk pilihan investasi. Namun jangan khawatir, risiko investasi bisa diminimalkan dengan cara menerapkan strategi investasi yang tepat.

Dilansir dari laman Instagram @ojkindonesia, Sabtu (23/1/2021). berikut Liputan6.com telah merangkum tips investasi untuk Anda:

1.Pahami karakter

Dalam memulai investasi, sebelumnya harus pahami dulu diri dan kondisi keuangan Anda. Selanjutnya, hal yang harus Anda perhatikan yaitu jangka waktu investasi, ketersediaan dana, ketersediaan waktu, kemampuan analisis dan sensitivitas terhadap risiko investasi.

2.Kenali produk investasi

Untuk memulai investasi, Anda harus mengetahui produk-produk investasi, sekaligus kenali pula jenis dan risikonya. Produk investasi sangat beragam, diantaranya ada Reksadana, saham, P2P Peer To Peer, emas, obligasi, tabungan Berjangka. 

Kemudian juga ada robo advisor, unit link, properti, dan forex. Tentu semua itu memiliki hitungan keuntungan dan risiko yang berbeda. Sehingga pertimbangkan dengan matang.

3.Mulai dari jumlah kecil

Mulailah berinvestasi dari jumlah yang kecil. Setelah itu, terus belajar mengenali produk-produk investasi yang cocok bagi karakter diri Anda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diversifikasi

4.Diversifikasi

Jangan menempatkan seluruh uang investasi Anda pada satu instrumen investasi. Sebab, jika instrumen tersebut bangkrut atau mengalami masalah, maka resiko yang Anda tanggung semakin besar pula.

5.Tidak mudah emosi

Berinvestasi harus membutuhkan waktu, disiplin, dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang baik. Sehingga, jika Anda memutuskan untuk berinvestasi, maka Anda harus mempersiapkan diri.

6.Pastikan legalitas 

Pastikan investasi 2L (Legal & Logis). Untuk calon investor dapat mengecek legalitas perusahaan yang menjadi sasaran investasi. Calon investor dapat mengontak OJK 157 dan layanan resmi WhatsApp di nomor 081157157157.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK