Sukses

Serba-serbi Hari Pendidikan Nasional 2024

Lahirnya Hari Pendidikan Nasional dipemuhi berbagai sejarah. Berikut serba-serbi tentang Hari Pendidikan Nasional

Liputan6.com, Yogyakarta - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati pada 2 Mei setiap tahunnya. Untuk memperingatinya, setiap sekolah di Indonesia akan melaksanakan upacara bendera.

Lahirnya Hari Pendidikan Nasional dipemuhi berbagai sejarah. Berikut serba-serbi tentang Hari Pendidikan Nasional:

1. Ki Hajar Dewantara

Hari Pendidikan Nasional tak lepas dari sosok yang berperan penting, yakni Ki Hajar Dewantara. Beliau berperan penting dalam bidang pendidikan di Indonesia.

Ki Hajar Dewantara merupakan pelopor pendidikan bagi masyarakat pribumi ketika Indonesia masih dalam masa penjajahan kolonial Belanda. Atas jasa-jasanya, pahlawan ini dijuluki sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Bahkan, penetapan tanggal Hari Pendidikan Nasional disesuaikan dengan hari lahir Ki Hajar Dewanrara.

2. Bukan hari libur

Meski merupakan hari perayaan nasional, 2 Mei bukan merupakan tanggal merah atau hari libur. Justru, setiap instansi di Indonesia akan menggelar upacara khusus untuk memperingatinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tema Hari Pendidikan Nasional 2024

3. Tema Hari Pendidikan Nasional 2024

Setiap tahunnya, Hari Pendidikan Nasional akan diperingati dengan berbagai tema berbeda. Tahun ini, tema yang diambil adalah "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar".

Selain sebagai Hari Pendidikan Nasional, bulan Mei juga dicanangkan sebagai bulan Merdeka Belajar. Hal ini sesuai dengan dokumen Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 terbitan Kemendikbud.

4. Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024

Mengutip dari dokumen berjudul Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 terbitan Kemendikbud, setiap instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan RI di luar negeri diimbau untuk menyelenggarakan upacara bendera. Upacara tersebut bertujuan untuk memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan akan penting dan strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa.

Tujuan lainnya adalah untuk mengingatoan kembali kepada seluruh insan pendidikan akan filosofi perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam meletakkan dasar dan arah pendidikan bangsa. Selain itu, juga untuk meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan insan pendidikan.

Selain upacara, beragam acara yang kreatif juga bisa dilakukan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional. Kemendikbud juga menganjurkan agar masyarakat mengunggah konten publikasi dan peringatan dengan tagar #Hardiknas2024 dan #LanjutkanMerdekaBelajar.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini