Sukses

Mengenal, 6 Hidangan Populer Street Food Khas Thailand

Thailand saat ini menjadi salah satu negara yang sering dikunjungi sebagai destinasi wisata. Negara ini juga dikenal dengan wisata kuliner terutama kuliner street foodnya.

Liputan6.com, Bandung - Negara Thailand saat ini menjadi destinasi wisata yang banyak disukai oleh beberapa turis mancanegara termasuk Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang ramai mengunjungi Negeri Gajah Putih tersebut.

Thailand juga dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan sejarah dan wisata alam menarik. Negara ini juga memiliki wisata kuliner unik yang menarik perhatian para wisatawan untuk mencicipinya.

Pengunjung yang ingin menikmati wisata kuliner Thailand biasanya mengunjungi spot street food populer yang ada di Thailand. Biasanya di setiap sudut kota terdapat pasar malam hingga jajanan malam yang ada di pinggir jalan.

Harga makanan di street food Thailand juga tergolong murah dan ramah di kantong wisatawan. Melansir dari beberapa sumber ada lokasi tempat makan atau street food Thailand yang populer dikunjungi oleh wisatawan.

Misalnya area street food Pasar Ratchwat dan Pasar Sriyan yang dikenal sebagai pasar tertua dan tradisional di Bangkok, Thailand. Pasar ini mempunyai suasana santai dan tenang yang menyajikan beragam menu makanan khas Thailand.

Kemudian, terdapat area pasar malam Jodd Fair yang lokasinya ada di Rama IX Rd, Huai Khwang, Bangkok. Tempat ini berlokasi di area yang strategis karena berada dekat dari stasiun kereta dan memiliki banyak kedai kaki lima yang nikmat.

Melalui artikel ini terdapat beberapa 6 hidangan populer street food Thailand yang wajib untuk dicoba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Hidangan Populer Street Food Khas Thailand

1. Dancing Shrimp

Dancing Shrimp merupakan makanan street food Thailand yang sangat populer tidak hanya di antara warga lokal tetapi wisatawan. Pasalnya makanan ini menyajikan udang hidup dengan campuran bumbu khas.

Seperti namanya “dancing shrimp” merupakan sajian udang hidup yang masih bergerak dan para pengunjung memakannya secara hidup-hidup. Tentunya sajian ini masuk daftar makanan ekstrim yang memiliki rasa bumbu khasnya.

Melansir dari beberapa sumber biasanya bumbu yang digunakan adalah bawang putih, cabe, kecap ikan, bawang merah, sereh, air jeruk nipis, daun bawang, kemangi, hingga daun ketumbar.

2. Pad Thai

Pad Thai adalah menu makanan khas Thailand yang wajib untuk dicicipi ketika menghabiskan liburan di sana. Makanan ini sangat terkenal sebagai sajian mie goreng dengan toping udang, ayam, atau tahu.

Biasanya Pad Thai juga dicampur dengan beberapa bahan makanan lain seperti telur, tauge, atau kacang. Rasanya identik dengan rasa gurih, manis, asam, dan pedas sehingga banyak disukai oleh para wisatawan.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice merupakan menu makanan Thailand yang sempat viral di Indonesia. Makanan ini identik sebagai menu pencuci mulut karena terdiri dari sajian mangga matang dengan nasi ketan dan siraman kuah santan dan gula.

Rasanya yang manis dengan buah mangga yang segar menjadikan menu makanan ini cukup populer di antara wisatawan. Bahkan di Indonesia sendiri sudah ada banyak penjual mango sticky rice namun bisa jadi memiliki rasa yang berbeda dari negara asalnya.

4. Thai Tea

Kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi minuman Thai Tea ke negara asalnya secara langsung. Seperti diketahui Thai Tea merupakan minuman dari campuran teh hitam, adas manis, kapulaga, gula, bunga jeruk, dan susu.

Minuman ini biasanya disajikan secara panas atau dingin dan sangat populer tidak hanya di negara asalnya tetapi juga di beberapa negara Asia Tenggara. Meskipun di Indonesia menu Thai Tea sudah banyak ditemukan namun mencicipi langsung di Thailand bisa mengetahui ciri khasnya.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Coconut Pancake

Coconut Pancake atau akrab juga disebut dengan nama “Khanom Krok” merupakan hidangan penutup tradisional dari Thailand kuno. Makanan ini biasanya memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam.

Bahkan cara membuat khanom krok harus menggunakan wajan khusus di atas arang dan menjadi jajanan kaki lima yang cukup populer. Sebagai informasi makanan ini terbuat dari campuran tepung dan kelapa dengan rasa yang creamy.

6. Khanom Buang

Khanom Buang adalah jajanan khas Thailand yang juga disebut sebagai crepes khas Thailand. Makanan ini dikenal sebagai cemilan kuno Thailand dan mempunyai bentuk seperti taco.

Biasanya Khanom Buang mempunyai isian toping foi thong dan butter cream atau whipped cream. Bentuknya juga terkadang disebut mirip dengan cemilan leker yang biasa ada di Indonesia.

Khanom Buang terbuat dari adonan tepung beras dan kacang hijau yang digoreng tipis-tipis di atas wajan. Khanom Buang diketahui mempunyai dua rasa yaitu rasa manis dan rasa asin atau gurih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini