Sukses

Ceramah di Lapas, Ustadz Ini Ingatkan Aparat Penegak Hukum Tunaikan Zakat

Di dalam sebuah hadis Rasulullah pernah bersabda "Sebaik-baik sedekah adalah yang dikeluarkan pada bulan Ramadan." (H.R. Tirmidzi).

Liputan6.com, Jakarta - Demi memperkuat sinergitas, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, menggelar kegiatan berbuka puasa bersama yang dirangkai dengan ceramah agama Islam, Jumat (05/04).

Dalam kesempatan tersebut, hadir Ustadz Zakwan untuk memberikan siraman rohani. Ia mengajak para jemaah khsusnya aparat penegak hukum untuk memperbaiki diri pada saat Ramadan dengan cara membayar zakat.

"Dengan mengeluarkan zakat, mudah-mudahan bisa membersihkan rezeki yang kita miliki dan semoga rezeki yang kita terima tersebut diridhoi oleh Allah," ungkapnya, Jumat (6/4/2024).

Ia juga menjelaskan salah satu hal yang dapat dilakukan, untuk membersihkan diri adalah dengan mengeluarkan zakat. Menurutnya, zakat merupakan salah satu bagian dari lima pilar agama Islam.

Bahkan, di dalam sebuah hadis Rasulullah pernah bersabda "Sebaik-baik sedekah adalah yang dikeluarkan pada bulan Ramadan." (H.R. Tirmidzi).

Zakat baginya memiliki peran sentral dalam membantu meringankan beban masyarakat yang kurang beruntung dan mengembangkan solidaritas di antara anggota masyarakat.

"Ramadan memiliki keberkahan ini memiliki banyak keistimewaan, salah satunya adalah momentum untuk dapat memperbaiki dan membersihkan diri dari perbuatan dosa serta kesalahan yang telah diperbuat," tambahnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan dilanjutkan dengan melaksanakan ibadah salat maghrib berjamaah di Masjid Darut Taubah Lapas Narkotika Pangkalpinang.

Sementara itu, Kepala Lapas Narkotika Pangkalpinang, Nur Bambang Supri Handono menjelaskan bahwa kegiatan ini bagian dari Apel Siaga 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju pada peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan atau HBP ke-60.

Hadir dalam kesempatan ini, perwakilan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pangkalpinang, Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pangkalpinang, dan Detasemn Polisi Militer II/5 Bangka.

Selain itu, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan melalui deteksi dini dan memastikan keamanan di Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang berlangsung kondusif terutama menjelang Idulfitri 1445 Hijriah.

"Kami berharap melalui kegiatan ini dapat memperkuat sinergitas dan meningkatkan Tali silaturahmi antara Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dengan APH terkait," kata Nur Bambang Supri Handono.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.