Sukses

Warga Serbu Pasar Murah hingga Takjil Gratis dalam HUT ke-110 Kota Sukabumi

Hari Ulang Tahun Kota Sukabumi yang ke-110 berlangsung meriah, momen ini dimanfaatkan warga berburu sembako murah dan berburu takjil.

Liputan6.com, Sukabumi - Ratusan warga antusias berburu pasar murah dan takjil gratis dalam memperingati HUT ke-110 Kota Sukabumi.

Pemerintah Kota Sukabumi mengadakan kegiatan yang bertajuk 'Ini Festival Kita' di Jalan R Syamsudin SH selama dua hari mulai 31 Maret hingga 1 April 2024.

Selain itu, kegiatan lainnya seperti seni budaya, bazar Ramadan, hingga fashion show atau peragaan busana juga digelar dalam festival hari jadi kota yang dijuluki Nizza Van Java atau kota yang memesona. 

Dalam momen itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menyampaikan, kegiatan ini tidak menggunakan biaya dari APBD Kota Sukabumi.

"Jadi Alhamdulillah memang kita diprogramkan memang kita mencoba sesederhana mungkin jadi kita mencari sponsor support dari BJB dan MyPertamina dan beberapa sponsor juga masuk Alhamdulillah untuk yang makanan gratis itu dari beberapa perangkat daerah jadi memanfaatkan biaya konsumsi dan udunan mereka," kata Kusmana Hartadji.

Dia mengatakan, Pemkot Sukabumi sengaja melibatkan 40 pedagang dan UMKM yang berada di Jalan Dewi Sartika untuk meramaikan Ini Festival Kita HUT ke 110 Kota Sukabumi. Sedangkan untuk takjil gratis, disediakan 3 ribu kupon di hari pertama, sementara hari kedua sebanyak 4 ribu kupon.

"Hari ini tadi kesenian termasuk juga bazar GPM termasuk juga takjil gratis yang disediakan hari ini itu 3 ribu kupon untuk warga 3 ribu orang dan juga besok 4 ribu sudah disediakan. Kita juga menginfakkan pedagang yang dari belakang untuk berjualan dan kita beli langsung gitu," jelasnya.

Pemerintah menargetkan perputaran uang di Bazar Ramadhan HUT ke 110 ini bisa mencapai Rp100 juta selama dua hari pelaksanaan. Dia berharap, hari besar bagi warga Kota Sukabumi ini bisa dirasakan semua pihak. 

"Harapannya kita ingin menuju kebahagiaan lahir batin kebahagiaan ini dengan silaturahmi termasuk juga hari ini kan untuk pesta rakyat istilahnya bukan hanya pemerintah tapi mengajak masyarakat untuk menikmati takjil bersama mendoakan Kota Sukabumi lebih maju dan berkembang jadi ingin kebahagiaan ini sama sama," ungkapnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meningkatkan Perputaran Ekonomi Daerah selama Ramadan

Sementara itu Deputi Bidang Perkoperasian Kemenkop UKM RI Ahmad Zabadi menuturkan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan geliat ekonomi di Kota Sukabumi terus meningkat, khususnya selama Ramadan hingga Idul Fitri mendatang.

"Tadi dalam sambutan menkop disampaikan bahwa Pemkot Sukabumi mengarahkan kepada membangun koperasi dan UKM karena ini bisa dikatakan sebagai kota UMKM karena sebagian besar pelaku usaha di Kota Sukabumi ini pelaku UMKM dan koperasi," ujar Ahmad Zabadi.

Dia mengatakan, selain itu momen HUT ini juga dinilai bisa membuka peluang kemajuan daerah sebagai kota pariwisata. Menurut Ahmad, terlebih Kota Sukabumi terletak tak jauh pusat Ibu Kota Negara. 

"Saya kira memberikan peluang kepada Kota Sukabumi menjadikan sebagai destinasi bagi masyarakat ibu kota, menjadikan Kota Sukabumi sebagai sasaran destinasi wisata. Saya kira ini hal yang perlu mendapatkan perhatian dan menjadi orientasi dari Pemkot Sukabumi," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.