Sukses

Waspada, 5 Desa di Sitaro Berpotensi Terdampak Banjir Material Vulkanik Gunung Karangetang

Berdasarkan data dari Pos PGA Karangetang, sedikitnya ada 5 desa di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro yang berpotensi dilanda banjir material vulkanik Gunung Karangetang saat hujan berkepanjangan.

Liputan6.com, Sitaro - Warga di sejumlah desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut, diingatkan untuk mewaspadai banjir material vulkanik Gunung Karangetang.

Berdasarkan data dari Pos PGA Karangetang, sedikitnya ada 5 desa di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro yang berpotensi dilanda banjir material vulkanik Gunung Karangetang saat hujan berkepanjangan.

"Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang tetap mengimbau warga tetap waspada apabila hujan berkepanjangan karena berpotensi terjadinya banjir material vulkanik," ujar Ketua Pos PGA Karangetang, Yudia P Tatipang pada, sabtu (30/3/2024).

Yudia mengungkapkan, potensi banjir material vulkanik dapat terjadi manakala material erupsi yang berada di puncak Gunung Karangetang runtuh dan meluncur bersamaan hujan dalam durasi panjang.

Saat hujan deras, ada enam sungai atau kali yang berhulu dari puncak Karangetang sehingga desa atau kelurahan yang berada di daerah hilir berpotensi terdampak banjir material vulkanik.

"Kami merekomendasikan agar masyarakat yang tinggal di sekitar aliran atau melintasi sungai berhati-hati saat hujan deras dalam durasi yang cukup lama. Material vulkanik bisa saja turun bersamaan dengan hujan," papar Yudia.

Dia mengatakan, di sektor timur ada tiga sungai atau kali yang melintas daerah permukiman warga.

Sungai Batu Awang melintasi Kelurahan Bebali, Kecamatan Siau Timur, kemudian Sungai Kahetang melintasi permukiman di Kelurahan Tarorane (Kecamatan Siau Timur) dan Sungai Keting melintasi Kelurahan Tatahadeng (Kecamatan Siau Timur).

Dia mengatakan, di sektor barat ada aliran Sungai Pangi dan Sungai Nanitu yang melintasi Desa Nanitu, Kecamatan Siau Barat serta Sungai Timbelang yang melintasi Desa Lehi, Kecamatan Siau Barat.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.