Sukses

Deretan Lagu Sore yang Jadi Soundtrack Film Indonesia

Melalui musiknya, Sore juga mewarnai industri perfilman Indonesia lewat beberapa soundtrack

Liputan6.com, Yogyakarta - Vokalis sekaligus penulis lagu band Sore, Firza Amar Paloh atau Ade Paloh, baru saja meninggal dunia, Selasa (19/3/2024) karena sakit. Meski telah pergi, karya-karyanya bersama Sore atau Sore Ze Band masih tetap abadi.

Melalui musiknya, Sore juga mewarnai industri perfilman Indonesia lewat beberapa soundtrack. Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa lagu Sore soundtrack film Indonesia:

1. Bebas (Arisan!, 2003)

Sore diminta oleh Nia Dinata untuk mengisi soundtrack film Arisan! pada 2003. Ini menjadi film pertama yang menggunakan musik Sore sebagai OST.

Dalam film ini, Sore menyumbang lagu Bebas. Selain itu, dua personel Sore saat itu juga menyumbang sebagai solois, yaitu Ramondo Gascaro dengan lagu Oh Jakarta dan Bemby Gusti dengan lagu Underwater Zen.

2. Funk the Hole (Janji Joni, 2005)

Pada 2005, Sore kembali mengisi soundtrack film Indonesia. Kali ini, mereka mengisi soundtrack untuk film debut Joko Anwar, Janji Joni.

Dalam film Janji Joni, sore menyumbang lagu berjudul Funk the Hole. Adapun awal pertemuan Joko Anwar dan Sore terjadi ketika Joko Anwar masih berprofesi sebagai wartawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pergi Tanpa Pesan

3. Pergi Tanpa Pesan dan No Fruits For Today (Berbagi Suami, 2006)

Film Berbagi Suami yang dirilis pada 2006 memiliki total sekitar 26 lagu soundtrack. Dari jumlah tersebut, Sore menyumbangkan dua lagu, yakni Pergi Tanpa Pesan dan No Fruits For Today.

4. Ernestito (Quickie Express, 2007)

Sore menjadi salah satu band yang andil dalam soundtrack film Quickie Express garapan Joko Anwar. Film ini memiliki total 18 track dan hanya enam lagu yang memiliki lirik.

Dalam film ini, Sore hadir dengan lagu Ernestito. Lagu ini bernuansa jazzy, blues dan middle beat up, seolah memberi kesan romantik tetapi tidak cengeng.

5. Ada Musik di Dalam (Kala, 2007)

Pada 2007, Sore juga mengisi soundtrack film Kala melalui lagu Ada Musik di Dalam. Film ini merupakan film karya Joko Anwar lainnya yang menggandeng Sore sebagai salah satu pengisi soundtrack.

6. Nancy Bird dan Lullaby Blues (Pintu Terlarang, 2009)

Masih untuk film karya Joko Anwar, kali ini Sore mengisi soundtrack untuk film Pintu Terlarang. Dalam film yang dirilis pada 2009 ini, Sore mengisi dua lagu, yaitu Nancy Bird dan Lullaby Blues.

7. Bogor Biru (Modus Anomali, 2012)

Lagi-lagi, Joko Anwar menggandeng Sore untuk mengisi lagu dalam filmnya, Modus Anomali. Beberapa sumber menyebut, Joko Anwar membuat film ini karena terinspisasi dari lagu sore berjudul Bogor Biru yang akhirnya menjadi soundtrack film ini.

8. Merintih Perih (13 Bom di Jakarta, 2023)

Kali ini, Sore mengisi soundtrack untuk film garapan Angga Dwimas Sasongko berjudul 13 Bom di Jakarta. Dalam film yang dirilis pada 2023 ini, Sore menyumbang lagu berjudul Merintih Perih.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini