Sukses

Pembatasan Kendaraan Besar Melintas di Lampung Jelang Lebaran, Catat Tanggalnya

Pembatasan kendaraan besar itu berkaitan dengan antisipasi lonjakan arus lalu-lintas menjelang Idul Fitri 1445 H.

Liputan6.com, Lampung - Menjelang lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, kendaraan besar yang melintas di Lampung akan dibatasi. Hanya kendaraan tertentu yang diizinkan melintas. 

Direktur Direktorat Lalu lintas (Ditlantas) Polda Lampung, Kombes Pol Medyanta mengatakan, pembatasan kendaraan besar itu berkaitan dengan antisipasi lonjakan arus lalu-lintas menjelang Idul Fitri.

"Hal itu sesuai dengan surat edaran yang diterima masing-masing Direktorat Lalulintas ke jajaran Satlantas di semua wilayah," kata Dirlantas, Senin (18/3/2024).

Dia menyebutkan, dalam surat edaran itu tercantum, kendaraan pengangkut bahan bakar minyak, bahan pokok dan pembawa hewan ternak, tidak masuk dalam pembatasan operasional.

"Pemberlakukan pembatasan operasional angkutan barang dalam rangka lebaran Idul Fitri akan digelar pada 5-16 April 2024, bersamaan dengan Operasi Ketupat Krakatau," jelas dia 

Mengenai pemberlakuan angkutan jalan, menurut Medyanta, berdasarkan keputusan bersama Dirjen Perhubdar, Kakorlantas Polri, dan Dirjen Bina Marga. Yaitu, SKB/67/II/2024 tentang Pengaturan Lalulintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran Tahun 2024/1445 Hijriah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jenis Kendaraan Besar yang Dibatasi

Medyanta juga menjelaskan, angkutan barang yang dibatasi yakni mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih. 

Kemudian, mobil barang yang mengangkut hasil galian dan hasil tambang, mobil barang dengan kereta tempel, dan kereta gandeng. 

Hal serupa disampaikan Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah Astutik. Menurut dia, kebijakan tersebut sebagai bentuk antisipasi lonjakan pemudik yang mengakibatkan kepadatan.

"Ada pengaturan tertentu melalui waktu dan lain sebagainya, untuk kendaraan tertentu melintas. Hal ini demi kenyamanan pemudik," kata Kombes Pol Umi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini